Share

Mengajarkan Anak Bijaksana Melihat Kehidupan

Vessy Frizona, Okezone · Jum'at 12 Februari 2016 07:59 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 11 196 1309908 mengajarkan-anak-bijaksana-melihat-kehidupan-Zqx9hmKeBT.jpg Mengajarkan anak melihat dunia (Foto: Popsugar)
A A A

SETIAP orangtua ingin anak mereka tumbuh sehat dan bahagia. Tapi kehidupan terdiri dari berbagai warna. Tidak selalu cerah, namun kita juga disuguhkan dengan warna-warna kelabu.

Dalam hidup akan menemukan suka-duka, sedih-bahagia serta tawa dan tangis. Untuk itu orangtua perlu mengajarkan anak melihat hidup secara bijaksana.

Menurut pakar parenting, Susan Stiffelman, mengajarkan kegagalan kepada anak sama pentingnya dengan mengajarkan mereka sukses. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan orangtua untuk mengajarkan anak melihat hidup lebih bijaksana.

Membangun persahabatan

Orangtua tidak perlu terlalu sibuk dan fokus pada aturan-aturan parenting serta gaya hidup sehat. Jangan tuntut anak pandai matematika, mereka juga harus pintar membangun persahabatan. Persahabatan mengajarkan anak tumbuh secara emosional dan mengembangkan keterampilan sosial.

Mengenal jati diri

Anak tidak hanya perlu menjaga harga diri, namun mereka harus mengenal identitas diri yang kuat. Biarkan anak menemukan siapa sejatinya diri mereka dan kebebasan mengekspresikan individualitas.

Merayakan keganjilan

Jangan menjauhkan anak dari hal-hal yang tidak biasa. Bawa mereka melihat kehidupan dengan segala perbedaan dan keganjilannya. Bimbing mereka menghormati perbedaan namun tetap fokus pada tujuan.

Buka pikiran mereka

Label anak “pintar” membatasi ruang berekspresi mereka. Kenalkan anak dengan berbagai hal baru dan biarkan mereka mencoba tantangan. Hormati usaha dan pendapat mereka. Pastikan Anda memuji anak atas semua usaha yang mereka lakukan. Demikian dikutip Popsugar, Jumat (12/2/2016).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini