Share
Advertisement

Alasan Matahari Terbenam Berwarna Merah

Aditya Gema Pratomo , Jurnalis-Jum'at 12 Februari 2016 01:04 WIB
Alasan Matahari Terbenam Bewarna Merah (foto:Wikipedia)
Alasan Matahari Terbenam Bewarna Merah (foto:Wikipedia)
A
A
A

JAKARTA - Proses Matahari terbenam sering dianggap sebagai peristiwa alam yang indah. Banyak di antara kita yang menikmati momen terbenamnya matahari bersama orang terkasih. Tahukah Anda, kenapa proses alam ini berwarna merah?

Saat matahari terbit dan terbenam, sinar dari matahari melakukan perjalanan yang lebih panjang dibandingkan dengan di waktu lain seperti siang karena jarak antar manusia, dan matahari di waktu terbit serta terbenam lebih jauh dibandingkan siang, seperti dikutip dari howitworksdaily, Kamis (11/2/2016).

Sebuah fenomena alam bernama hamburan Rayleigh berperan besar dalam hal ini. Fenomena tersebut menyebabkan cahaya matahari memantul ke partikel kecil di atmosfer dan berhamburan ke segala arah.

Sinar matahari terdiri dari berbagai warna, termasuk merah yang mempunyai gelombang terpanjang dari semua warna. Warna sinar yang mampu mencapai manusia adalah warna yang mempunyai gelombang sinar lebih panjang yaitu merah.

Warna merah, jingga, dan kuning dapat sampai ke mata manusia tanpa harus berhamburan di angkasa. Ketiga warna menjadi sebab mengapa matahari terlihat merah di waktu tersebut.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement