Share

Ini Jenis Kopi Spesialti Khas Indonesia

Dinno Baskoro, Okezone · Jum'at 12 Februari 2016 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 12 298 1310343 ini-jenis-kopi-spesialti-khas-indonesia-QYvDSl3Xox.jpg Biji kopi robusta (Foto:Google)
A A A

SEBAGAI negara penghasil kopi cukup besar. Indonesia memiliki sejumlah jenis kopi yang termasuk dalam kopi spesialti.

Seperti diketahui, kopi spesialti merupakan sebutan untuk kopi merujuk pada kualitas, keunikan rasa yang bergantung pada standar tertentu, iklim dan letak dimana tanaman kopi ditanam.

Di Indonesia sendiri, terdapat sejumlah kopi spesialti yang terdiri dari jenis kopi arabika dan robusta. Jenis kopi spesialti tersebut tentunya sudah memenuhi standar kualitas dan diakui dunia.

“Kalau untuk jenis kopi spesialti arabika itu seperti kopi toraja, kopi gayo, kopi bajawa, dan lain-lain,” kata Pranoto Soenarto, Ketua Kompartemen Industri dan Kopi Spesial Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) kepada Okezone di Jakarta.

Sedangkan untuk kopi jenis robusta, meski tidak terlalu banyak namun kopi spesialti robusta asal Indonesia cukup digemari banyak penikmat kopi dunia. Rasanya pun khas dan punya keunikan tersendiri, tergantung wilayah dimana tanaman kopi di tanam.

“Untuk robustanya, ada kopi asal Flores, daerah Lampung itu ada di daerah Semendo, juga ada di Malang, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini