Share

Menteri Rini Targetkan 2 Juta Wisatawan Kunjungi Joglo Semar

Dedy Afrianto , Okezone · Jum'at 12 Februari 2016 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 12 320 1310486 menteri-rini-targetkan-2-juta-wisatawan-kunjungi-joglo-semar-30Bk0OhuJp.gif Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto : Okezone)
A A A

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini tengah mempersiapkan pengembangan infrastuktur dan pelayanan pariwisata untuk daerah Joglo Semar (Jogja, Solo, Semarang).

Menurut Menteri BUMN Rini Soemarno, pengembangan pariwisata di tiga daerah ini ditargetkan akan mengundang wisatawan mancanegara sebesar dua juta kunjungan. Artinya, kawasan ini akan menopang 10 persen dari target kunjungan wisata Indonesia sebesar 20 juta wisatawan pada tahun 2019.

"Sekarang yang sudah kita adakan adalah Joglosemar. Kita memanage Prambanan, Borobudur, dan Ratu Boko," ujar Rini saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Lebih lanjut, Rini mengungkapkan saat ini pemerintah akan bersinergi untuk mengembangkan daerah-daerah potensial di kawasan Joglosemar. Bahkan, di kawasan hotel Borobudur rencananya akan dibangun kampung pariwisata untuk menggaet minat wisatawan.

"Di Borobudur kita akan kembangkan kampung pariwisata. Ini semua untuk mendorong daerah-daerah yang dimanage oleh BUMN seperti candi Borobudur, Prambanan, Nusa Dua. Ini betul-betul akan teroptimalisasi," pungkas Rini.

Sebagai informasi, untuk mencapai target tersebut saat ini tujuh perusahan BUMN telah melakukan sinergi dalam bidang peristiwa dan penginapan. Perusahaan tersebut antara lain PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero), PT Hotel Indonesia Natour, PT Kereta Api Indonesia, PT Garuda Indonesia, PT Patra Jasa, dan PT Aero Wisata.(rai)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini