Share

Dituding Radikal, BNPT Rugikan Ponpes Ngruki

Bramantyo (Okezone) , Okezone · Jum'at 12 Februari 2016 01:22 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 12 512 1310081 dituding-radikal-bnpt-rugikan-ponpes-ngruki-pKJ0Bw9wIL.jpg
A A A

SUKOHARJO - Ustad Wahyudin Pimpinan Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki, Cemani, Grogol Sukoharjo, meminta kepada Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) agar bisa bekerja secara profesional.

Wahyudin menilai tuduhan yang dialamatkan kepada Ponpes Ngruki yang dinilai mengajarkan paham radikal tanpa menunjukkan bukti pada lembaga pendidikan Islam bisa menimbulkan persepsi yang salah bahwa lembaga tersebut memusuhi Islam. Tuduhan seperti ini bisa melukai hati umat Islam, dan memicu rasa kecurigaan antar-umat Islam.

"Untuk menepis tudingan miring tersebut, Ponpes Ngruki hari ini mengirimkan surat klarifikasi kepada BNPT dengan tembusan Presiden, DPR, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Agama, Polri, MUI, dan lembaga terkait lainnya," jelas Wahyudin saat menggelar acara jumpa pers di Ngruki, Kamis (11/2/2016).

Menurut Wahyudin, klarifikasi ini harus dilakukan. Pasalnya jika pihaknya tidak melakukan klarifikasi stigma radikal yang ditudingkan BNPT dianggap benar oleh masyarakat.

"Hal tersebut sangat merugikan pihak Al-Mukmin Ngruki," tegas Wahyudin.

Wahyudin juga menegaskan Ponpesnya juga memiliki hubungan yang baik dengan lembaga lainnya seperti dengan MUI, lembaga pendidikan, bahkan silaturahmi dengan lembaga pemerintah seperti Korem, Polda, Kodim dan Polres.

Dalam kesempatan tersebut Humas Ponpes Al-Mukmin, Hamim Sofyan membacakan pernyataan sikap untuk memperingatkan supaya BNPT tidak sembarangan menuduh berdasarkan data sepihak.

BNPT harus jujur dan adil dan meningkatkan profesionalitasnya dalam menetapkan kelompok atau lembaga yang terlibat radikalisme. Jangan sampai tudingan tersebut mengakibatkan pembunuhan karakter pada lembaga pendidikan Islam.

"Secara historis terbukti bahwa pesantren merupakan pelopor gerakan kemerdekaan. Untuk itulah BNPT harus bekerja secara jujur dan benar juga profesional serta tidak menimbulkan paradigma bahwa BNPT membenci umat Islam," pungkas Hamim.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(MSR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini