Share

Diserang Penyakit, Tanaman Padi di Pamekasan Rusak

Syaiful Islam , Okezone · Jum'at 12 Februari 2016 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 12 519 1310478 diserang-penyakit-tanaman-padi-di-pamekasan-rusak-tBysE6gGLM.jpg Foto (Syaiful Islam/Okezone)
A A A

BANGKALAN – Tanaman padi di Desa Bettet Kecamatan Kota Pamekasan, Madura, Jawa Timur diserang penyakit yang menyebabkan tanaman padi tidak tumbuh dengan baik dan daun rusak serta menguning.

Bahkan jika tidak segera diatasi, dikhwatirkan bulir padi tidak berisi dan petani di desa tersebut terancam gagal panen. Hal itu pun membuat petani resah karena penyakit tersebut juga berpindah-pindah.

Ketua kelompok tani di Desa Bettet, Khairil Anwar mengungkapkan, penyakit yang menurut warga disebut "blas" mulai menyerang tanaman sejak padi berusia satu bulan.

"Tahun lalu juga ada, tapi sedikit tidak seperti sekarang. Kalau sekarang kan lumayan banyak," kata Khairil, Jumat (12/2/2016).

Menurutnya, lahan padi yang diserang penyakit sekitar 8,4 hektare dari total 42 hektare lahan padi milik anggota kelompok tani yang dipimpinnya atau sekitar 20 persen lahan padi.

"Yang rusak dari 42 hektare lahan padi milik anggota kelompok tani sekitar 20 persen," ucap Khairil.

Sementara itu, untuk mengatasi penyakit tersebut pihaknya meminta bantuan kepada petugas dari Dinas Pertanian serta Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil setempat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini