Share
Advertisement

Teori Gelombang Gravitasi Einstein Akhirnya Terbukti

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah , Jurnalis-Jum'at 12 Februari 2016 16:35 WIB
Teori Gelombang Gravitasi Einstein Akhirnya Terbukti (Foto: Istimewa)
Teori Gelombang Gravitasi Einstein Akhirnya Terbukti (Foto: Istimewa)
A
A
A

WASHINGTON - Teori yang dikemukakan Albert Einstein tentang gravitasi akhirnya terbukti. Lebih dari 100 tahun setelah ia menerbitkan teori relativitas umum, para ilmuwan telah menemukan apa yang diperkirakan Einstein sebagai bagian dari teori gelombang gravitasi.

"Kami telah mendeteksi gelombang gravitasi, kami melakukannya," kata David Reitze, Direktur Eksekutif Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory (LIGO).

Gelombang gravitasi atau ombak dalam ruang dan waktu, tercipta dari gabungan dua lubang hitam, kata Reitze. Satu lubang hitam memiliki massa 29 matahari; yang lain setara dengan 36 matahari. Masing-masing mungkin berdiameter 50 kilometer (30 mil).

Lebih dari satu miliar tahun yang lalu, LIGO memperkirakan sekira 1,3 miliar, dua matahari bertabrakan pada setengah kecepatan cahaya. Gelombang gravitasi melewati semuanya, sehingga hasilnya perjalanan melalui alam semesta sebelum mencapai Bumi.

Namun, gelombang itu begitu kecil sehingga dibutuhkan detektor seperti milik LIGO untuk mampu mengukur distorsi seperseribu ukuran proton demi diamati. Gelombang tersebut diamati pada 14 September 2015, menurut CNN.

Para ilmuwan mendengar suara lubang hitam bertabrakan seperti "kicauan" yang berlangsung seperlima detik. Meskipun gelombang gravitasi bukan gelombang suara, peningkatan frekuensi tubrukan terekspos dalam milidetik terakhirnya adalah frekuensi yang bisa didengar.

Penemuan ini membuka cakrawala baru tentang semesta. "Bayangkan sebelumnya kita tidak pernah mampu mendengar dan haya melihat saja. Sekarang kita bisa mendengarkan alam semesta di mana kita tuli sebelumnya. Ini adalah spektrum yang berbeda (dari spektrum elektromagnetik). Ini tidak seperti apa yang pernah kita deteksi sebelumnya," terang Deirdre Shoemaker, fisikawan dari Georgia Tech.

Sekadar informasi, gelombang gravitasi yang diprediksi Einstein dalam teori relativitas umum pada 1915 merupakan teori mengenai konsep ruang dan waktu. Gelombang itu merupakan distorsi ruang-waktu. Namun kala itu, dia berpikir gelombang gravitasi adalah bangunan indah dan sangat kecil sehingga seseorang tak akan pernah bisa benar-benar menemukannya.

(kem)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement