Share
Advertisement

Ilmuwan Ciptakan Internet 90 Ribu Kali Lebih Cepat

Dini Listiyani , Jurnalis-Sabtu 13 Februari 2016 11:03 WIB
Fiber Optic (Foto: IBTimes)
Fiber Optic (Foto: IBTimes)
A
A
A

CALIFORNIA – Para ilmuwan telah memecahkan rekor data speed tercepat di dunia dengan koneksi yang bisa men-download episode Game of Thrones dalam waktu kurang dari satu detik.

Kecepatan 1,125 terabit per detik, dicapai dalam kondisi laboratorium, hampir 90 ribu kali lebih cepat dari internet biasa yang ditemukan di rumah-rumah penduduk Amerika Serikat, sebagaimana dilansir IBTimes, Sabtu (13/2/2016).

Pada Q3 2015, kecepatan rata-rata di sana mencapai 12,6 megabit per detik, kata jaringan pengiriman Akamai.

Terobosan itu dilakukan oleh para peneliti di Unloc program dengan berkolaborasi dengan University College London, Aston University dan mitra industry. Peneliti melihat ke seberapa sistem transmisi optik cepat, menggunakan teknik yang lebih umum digunakan dalam jaringan nirkabel atau wireless dan menerapkannya ke serat optik. Jaringan optik ini membawa hampir semua transmisi data dunia.

“Hasil ini adalah tonggak sejarah karena menunjukkan, sistem terabit per komunikasi optik kedua mungkin dalam upaya untuk mencapai kepasitas transmisi yang lebih tinggi dalam serat optik,” kata profesor Polina Bayvel, peneliti utama dari program Unloc di UCL.

Sebelum bisa mengunduh dengan kecepatan cahaya, para peneliti telah menempelkan pemancar langsung ke penerima untuk menguji teknik transmisi optik baru. Dalam dunia nyata, kabel optik berjalan melalui laut dan jarak yang lebar menghubungkan benua dan negara.

(din)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement