Share

Kemristekdikti Tak Bedakan Pembinaan Kampus Bermasalah

Iradhatie Wurinanda, · Jum'at 12 Februari 2016 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 12 65 1310485 kemristekdikti-tak-bedakan-pembinaan-kampus-bermasalah-DoiuFCb7rX.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pada 2015 lalu dunia pendidikan tinggi di Indonesia sempat digemparkan dengan ratusan kampus yang berstatus nonaktif. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) pun segera melakukan pembinaan untuk menuntaskan masalah-masalah yang terjadi di kampus tersebut.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kelembagaan Kemristekdikti, Patdono Suwignjo mengungkapkan, kemampuan perguruan tinggi di setiap daerah untuk dibina berbeda-beda. Namun, pihaknya tetap melakukan pembinaan yang sama.

"Syarat dan ketentuan, termasuk untuk akreditasi sama saja, meski kami sadar setiap kampus di setiap daerah memiliki kemampuan yang berbeda. Maka dari itulah kami melakukan pembinaan, dan itu sudah ada timnya," tutur Patdono di Kemristekdikti, Jumat (12/2/2016).

Patdono menjelaskan, sudah memiliki strategi supaya perguruan tinggi yang lemah tidak menyerah saat dibina. Tim yang dia tunjuk pun langsung mendatangi kampus yang bersangkutan dan melakukan penguatan supaya kampus tersebut bisa memenuhi kriteria akreditasi.

"Terdapat program pembinaan PTS, misalnya diberi bantuan berupa barang, gedung, atau alat-alat oleh pemerintah. Pada 2016 ini perguruan tinggi yang masuk klaster empat dan lima bisa mengusulkan untuk mendapatkan program tersbeut," sebutnya.

Kendati demikian, Patdono menegaskan pengklasteran atau pengelompokkan perguruan tinggi tersebut harus berdasarkan Kemristekdikti, bukan dari lembaga lainnya.

"Kami ingin membantu perguruan tinggi yang masih lemah. Bisa jadi karena tidak punya ruangan, luas lahan kampus kurang, pelaksanaan pembelajaran kurang baik, dan sebagainya. Jadi kriteria atau syarat sama sekali tidak dikurangi, tetapi perguruan tingginya yang diperkuat," tukasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini