Share

Beasiswa S-2 dan S-3 di China, Nih!

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Sabtu 13 Februari 2016 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 12 65 1310543 beasiswa-s-2-dan-s-3-di-china-nih-l2s7qjHcRh.jpg Ilustrasi: Claimfame

JAKARTA - Kementerian Pendidikan China membuka peluang beasiswa bagi pelajar internasional untuk tahun ajaran 2016/2017. Program beasiswa Great Wall ini dapat dimanfaatkan untuk menjalani studi dan riset di China.

Beasiswa akan menanggung biaya studi, akomodasi, tunjangan dan asuransi medis. Para pelamar bisa bebas memilih bidang studi yang akan mereka tekuni.

Untuk mendaftar jenjang S-2, pelamar harus memiliki ijazah S-1 dan berusia maksimal 35 tahun. Sedangkan batasan usia untuk melamar beasiswa jenjang S-3 adalah 40 tahun. Pelamar bisa juga mendaftar untuk program riset non gelar di berbagai kampus China.

Syarat kecakapan bahasa China dan Inggris berbeda-beda sesuai bidang studi yang dan perguruan tinggi yang dipilih. Namun secara umum pelamar bidang seni, ekonomi dan manajemen harus memiliki level minimal HSK5 dalam berbahasa China, dan minimal level HSK4 untuk bidang sains, teknik serta ilmu medis. Sementara itu, program kuliah berbahasa Inggris mensyaratkan nilai minimal TOEFL 550, IELTS 5,5 atau lulus tes masuk perguruan tinggi.

Dokumen lamaran beasiswa yang harus disiapkan adalah:

- Formulir pendaftaran, ditulis dalam bahasa China atau Inggris;

- Ijazah terakhir yang sudah dilegalisasi;

- Transkrip nilai terakhir. Terjemahan transkrip dalam bahasa China atau Inggris harus dilegalisasi notaris;

- Dua surat rekomendasi, ditulis dalam bahasa China atau Inggris;

- CD berisi portofolio karya, misalnya untuk pelamar bidang studi seni musik dan lukis.

- Rencana studi atau proposal riset, ditulis dalam bahasa China atau Inggris minimal 500 kata;

- Fotokopi hasil pemeriksaan kesehatan untuk orang asing;

- Fotokopi surat penerimaan sebagai mahasiswa dari perguruan tinggi tujuan

- Fotokopi sertifikat kecakapan berbahasa China, HSK.

Proses pendaftaran dilakukan secara online dan bertahap hingga awal April. Simak informasi lengkap tentang beasiswa ini di laman Chinese Scholarship Council.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini