Share

Turki dan Arab Saudi Akan Serang Suriah

Emirald Julio , Okezone · Minggu 14 Februari 2016 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 13 18 1311468 turki-dan-arab-saudi-akan-serang-suriah-uy3YehGHRO.jpg Menlu Turki Mevlut Cavusoglu di Konferensi Keamanan yang diadakan di Munich, Jerman (Foto: Associated Press)
A A A

ISTANBUL – Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki mengatakan negaranya dan Arab Saudi akan melancarkan serangan darat terhadap kelompok ISIS di Suriah.

Menurut media cetak Yeni Safak di Turki, seusai dirinya mengikuti konferensi keamanan di Munich, Jerman, Mevlut Cavusoglu mengatakan Arab Saudi sudah siap mengirimkan pesawat jet tempur dan pasukan ke basis militer udara Turki, yaitu Markas Incirlik.

“Turki dan Arab Saudi mungkin akan melancarkan operasi dari darat (terhadap ISIS),” papar Mevlut, sebagaimana dilansir dari Associated Press, Minggu (14/2/2016).

Menlu Turki tersebut tidak secara spesifik menyebut jumlah tentara, pesawat jet tempur, atau kapan tepatnya pengiriman pasukan dari Saudi ke Markas Incirlik. Markas Incirlik sendiri adalah basis militer yang digunakan oleh koalisi Amerika Serikat dalam operasi penyerangan terhadap ISIS.

“Di setiap pertemuan koalisi kami selalu menekankan perlunya strategi yang bersifat jangka panjang dalam perang melawan kelompok teroris (ISIS). Jika kami memiliki strategi seperti itu (hasil jangka panjang) maka Turki dan Arab Saudi akan memulai operasi militer darat (Suriah),” ujar Mevlut.

Namun, rencana serangan ke Suriah ini, momentumnya nyaris bertepatan dengan Menlu Arab Saudi, Adel al Juberi yang mengatakan solusi damai di Suriah adalah dengan lengsernya Presiden Bashar al Assad .

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini