Share

BI: Sistem Logistik Bantu Kendalikan Inflasi

ant , Jurnalis · Sabtu 13 Februari 2016 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 13 20 1311137 bi-sistem-logistik-bantu-kendalikan-inflasi-D3K8v85M0F.jpg Ilustrasi : Okezone
A A A

Kupang - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menilai perbaikan sistem logistik di tanah air khususnya untuk bahan pangan strategis, dapat membantu bank sentral dalam mengendalikan laju inflasi.

"Ketika inflasi rendah, kita ingin ini terjaga ke depan. Di 2016 ada risiko tekanan inflasi khususnya dari harga pangan yang tipenya bergejolak atau volatile food," ujar Agus usai rakor di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumat malam (12/2).

Sepanjang 2015 lalu, laju inflasi mencapai 3,35 persen, di batas bawah target inflasi bank sentral 3-5 persen.

Agus mencontohkan, fenomena El Nino yang terjadi pada tahun lalu mempengaruhi masa tanam dan masa panen sejumlah tanaman pangan dan kemudian juga sempat mengerek inflasi.

"Semester kedua 2016 akan ada La Nina yaitu kondisi basah yang lama. Akibatnya hortikultura itu bisa banyak yang mengalami kesulitan dan akhirnya bisa berikan tekanan terhadap harga," kata Agus.

Menurut Agus, untuk bisa mencapai ketahanan pangan, perbaikan infrastruktur pertanian dan infrastruktur terkait logistik menjadi suatu keharusan.

Di NTT sendiri akan ada 7 waduk yang dibangun untuk mendukung kapasitas produksi pertanian yaitu Raknamo, Rotiklot, Kolhua, Temef, Mbay, Napunggate, Manikin. Di NTB ada 5 waduk (Nila, Tanju, Bintang Bano, Rababaka, Mujur), dan di Bali ada 2 waduk (Telagawaja, Sidan). Waduk-waduk tersebut akan didukung oleh pembangunan irigasi teknis.

"Tapi kalau itu (waduk) sudah dibangun, harus diyakini irigasi harus jalan. Karena jaringan irigasi ini yang memungkinkan air sampai ke sawah-sawah dan bisa menjaga produktivitas pertanian," ujar Agus. (HKS)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini