Share

Selain Rp400 Juta, Ada Uang Sekoper di Rumah Pejabat MA

Feri Agus Setyawan , Okezone · Sabtu 13 Februari 2016 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 13 337 1311422 selain-rp400-juta-ada-uang-sekoper-di-rumah-pejabat-ma-F5Qm3GgTNg.jpg Salah satu tersangka OTT Andri Tristanto (Feri Agus Setyawan/Okezone)
A A A

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak hanya mengamankan uang Rp400 juta yang diterima Kasubdit Kasasi Perdata Mahkamah Agung (MA), Andri Tristianto Sutrisna dari Direktur PT Citra Gading Asritama (CGA), Ichsan Suaidi.

Penyidik KPK juga turut mengamankan sebuah koper yang berisi uang dari kediaman Andri saat Operasi Tangkap Tangan (OTT).

"Baru Rp400 juta, tetapi kemudian ketika ditangkap di rumahnya ATS (Andri) ditemukan bersama Rp400 juta uang lainnya di koper," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha saat jumpa pers di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (13/2/2016).

Namun, Priharsa belum bisa memastikan berapa jumlah uang di dalam koper yang ditemukan di rumah pejabat MA itu. Menurut dia, uang tersebut masih dalam proses penghitungan penyidik.

"Mengenai itu masih dalam penghitungan sementara, yang disampaikan kejadian OTT semalam," lanjut dia.

Setelah diperiksa, penyidik KPK meningkatkan dugaan suap tersebut ke tahap penyidikan. Andri, Ichsan dan Awang masing-masing telah ditetapkan sebagai tersangka.

Awang dan Ichsan selaku pemberi suap diancam pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 5 Ayat (1) huruf a atau huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Sementara Andri selaku pihak yang diduga penerima suap, disangka Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini