Share

Terowongan Runtuh, Satu Orang Terjebak Selama Enam Hari

Agus Suprianto , Sindo TV · Sabtu 13 Februari 2016 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 13 340 1311205 terowongan-runtuh-satu-orang-terjebak-selama-enam-hari-Y5kV5ynyfa.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)
A A A

HALMAHERA UTARA – Terowongan galian tambang emas bawah tanah (underground) Kencana milik PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) Gosowong di Halmahera Utara, Maluku Utara, runtuh pada Senin 8 Februari 2016. Sebanyak 50 orang terjebak dalam runtuhan tersebut. Namun, 49 pekerja berhasil dievakuasi. Satu orang lainnya, Mursalin Sahman (36), masih terjebak dalam reruntuhan.

Hingga hari ini, Mursalin Sahman yang merupakan operator alat berat berjenis solo drill sudah enam hari terjebak di dalam terowongan sedalam 300 meter di bawah tanah.

Menurut Underground Kencana Manager, Kiki Kosmara, runtuhnya terowongan ini merupakan yang kedua kalinya sejak 2010. Kesimpulan sementara, diperkirakan runtuhnya terowongan disebabkan adanya pergerakan batuan yang menutup akses keluar terowongan sehingga Mursalin terjebak hingga saat ini.

Hingga hari keenam, tim penyelamat masih berusahan mengeluarkan Mursalin. Salah satunya dengan cara melakukan sejumlah pengeboran dari sisi terowongan lainnya. Hasilnya, dua lubang sepanjang 54 sentimeter (cm) dengan diameter 11 cm dapat digunakan untuk berkomunikasi dan menyuplai makanan. Hal ini juga untuk memastikan bahwa yang bersangkutan masih hidup.

Akibat peristiwa ini, PT Nusa Halmahera Mineral, perusahaan milik Australia, menghentikan seluruh kegiatan produksinya di terowongan Kencana, Taguraci, serta pabrik pemprosesan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini