Share
Advertisement

WikiPedia Bangun Search Engine Sendiri?

Aditya Gema Pratomo , Jurnalis-Minggu 14 Februari 2016 14:52 WIB
Wikipedia Bangun Search Engine Sendiri?
Wikipedia Bangun Search Engine Sendiri?
A
A
A

San Francisco - Yayasan Wikimedia akhirnya mengungkapkan ke publik tentang rencana mereka membangun mesin pencari sendiri. Namun mereka mengelak jika langkah ini dilakukan untuk mengekor Google.

Seperti dikutip dari The Register, Minggu (14/2/2016), rencana ini bocor setelah terungkap adanya hibah dana untuk Wikipedia sebesar USD250 ribu, untuk membiayai proyek bernilai USD2,5 juta ini. Bantuan dana ini berasal dari yayasan Knight.

Hibah ini akan menjadi bantuan gelombang pertama untuk membantu Wikipedia. Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales mengatakan, tujuan dari proyek ini adalah untuk membangun sebuah sistem untuk mencari informasi yang dapat diandalkan masyarakat.

Untuk langkah pertama, pihak perusahaan akan mulai untuk mengubah konsep dari Wikipedia. Mereka berencana mengubah citra Wikipedia dari ensiklopedia online menjadi kanal terbuka untuk masyarakat.

Rencananya proyek ini akan memakan waktu 12 bulan dan berakhir pada Agustus tahun ini.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement