Share

Harga Ikan Bahan Pempek Palembang Semakin Mahal

ant , Jurnalis · Minggu 14 Februari 2016 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 14 320 1311786 harga-ikan-bahan-pempek-palembang-semakin-mahal-dTYmj7qwjJ.jpg (Foto: Okezone)
A A A

PALEMBANG - Harga ikan gabus bahan baku utama pembuatan pempek dan kerupuk kemplang Palembang, Sumatra Selatan yang mengalami kenaikan sejak dua bulan terakhir kini semakin tinggi.

Pantauan di sejumlah pasar tradisional Palembang, Minggu, ikan gabus utuh dijual pedagang dengan harga Rp90.000 per kilogram (kg) sedangkan daging ikan gabus yang sudah digiling dan siap untuk diolah menjadi pempek dan makanan khas kota setempat lainnya dijual dengan harga Rp120.000 kg.

Sejumlah pedagang pempek Palembang mengeluhkan kondisi sedikitnya pasokan ikan gabus di pasaran yang mengakibatkan tingginya harga sekarang ini karena dapat membebani biaya produksi bahkan dapat mempengaruhi berkurangnya pendapatan.

Dalam kondisi harga ikan gabus yang sangat tinggi sekarang ini berupaya bertahan dengan berkorban mengurangi keuntungan serta mencoba tetap melakukan kegiatan produksi seperti biasanya untuk menjaga kualitas dan pelanggan tidak pergi ke pedagang lain, karena tidak mungkin menaikkan harga jual dan mengganti bahan baku dengan ikan lain yang harganya lebih murah seperti ikan kakap yang banyak digunakan pedagang pempek lainnya.

Sementara sebagian perajin kerupuk dan kemplang Palembang, pada kondisi harga ikan tinggi dan musim hujan sekarang ini, sementara waktu menghentikan kegiatan produksi makanan khas masyarakat di Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan itu.

"Sekarang ini sementara waktu kami menghentikan kegiatan produksi karena harga ikan gabus utuh dan daging ikan yang sudah digiling sebagai bahan baku utama yang biasa digunakan untuk membuat kerupuk kemplang khas kota ini mengalami kenaikan yang sangat tinggi," kata Yulianti, salah seorang perajin kerupuk kemplang di kawasan 5 Ulu Palembang.

Harga ikan gabus utuh dalam kondisi normal Rp45.000-60.000 per kg kini naik mencapai Rp90.000 per kg, sedangkan harga daging ikan gabus yang sudah digiling dijual pedagang hingga Rp120.000 per kg padahal dalam kondisi normal paling tinggi dijual dengan harga Rp80.000 per kg.

Menurut dia, kenaikan harga yang sangat tinggi itu tidak mungkin melakukan produksi karena biaya produksi tidak bisa ditutupi dengan harga jual kerupuk kemplang yang berlaku di pasaran sekarang ini.

Kerupuk kemplang yang dijual di pasaran sekarang ini berkisar Rp65.000 hingga Rp90.000 per kg, jika menggunakan modal baru dengan harga ikan gabus yang berlaku sekarang ini paling murah harga kerupuk kemplang ditetapkan Rp115.000 per kg.

Untuk menaikan harga jual dalam kondisi sebagian besar harga kebutuhan pokok masyarakat yang mengalami kenaikan tidak memungkinkan sehingga diputuskan menghentikan kegiatan produksi sampai kondisi harga ikan gabus utuh turun pada posisi paling tidak Rp70.000 per kg.

Dia menjelaskan, penghentian sementara kegiatan produksi tersebut tidak mempengaruhi pasokan kerupuk kemplang di pasaran karena stok yang dimiliki cukup banyak.

"Seperti biasanya pada saat cuaca panas dan harga ikan gabus dalam kondisi normal, kegiatan produksi kerupuk kemplang dilakukan secara maksimal untuk mengatasi masalah penghentian kegiatan produksi seperti yang dilakukan pada musim hujan ini," ujar dia pula.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini