Share

Jaksa Agung Prasetyo Harus Jadi Prioritas Jokowi Lakukan Reshuffle

Bayu Septianto , Okezone · Minggu 14 Februari 2016 19:20 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 14 337 1311850 jaksa-agung-prasetyo-harus-jadi-prioritas-jokowi-lakukan-reshuffle-iOks9YKlm0.jpg Jaksa Agung HM Prasetyo (Okezone)
A A A

JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch, Neta S Pane menilai, Jaksa Agung HM. Prasetyo harus menjadi prioritas bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) bila ingin melakukan reshuffle terhadap kabinetnya.

Sebagai salah satu pemimpin aparat penegak hukum, Neta menilai, Prasetyo sudah tak profesional lagi dalam menjalakan pekerjaannya sebagai orang nomor satu di Korps Adhyaksa, sehingga harus segera di-reshuffle oleh Presiden Jokowi.

"Jaksa agung itu jabatan aparat penegak hukum, yang harus bekerja secara profesional," ujar Neta dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (14/2/2016).

Menurut Neta, meski Prasetyo merupakan pensiunan jaksa, namun latar belakang politiknya sebagai salah satu mantan kader Partai Nasional Demokrat (Nasdem) membuat kinerja Kejagung penuh dengan intervensi politik.

"Tapi yang terjadi kemudian adalah Jaksa Agung ini kan dengan latar belakang politik, sehingga kinerjanya selalu berorientasi kepada kepentingan politik, kepentingan politik pencitraan dia maupun partainya," jelas Neta.

Hal ini menurut Neta tentu sangat berbahaya bagi sistem penegakan hukum di Indonesia, karena adanya unsur politik di dalam tubuh organisasi kejaksaan.

"Ini akan sangat berbahaya bagi ā€ˇpenegakan hukum kedepan, belajar dari kasus ini saya kira Jaksa Agung itu jangan dipegang orang partai politik lagi," pungkas Neta.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini