Share

Sekolah Tinggi Theologi di Timika Ludes Dilalap Api

Saldi Hermanto , Okezone · Minggu 14 Februari 2016 04:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 14 340 1311540 sekolah-tinggi-theologi-di-timika-ludes-dilalap-api-r0lXVvaP36.jpg Kebakaran Gedung SST Timika (Foto: Saldi/Okezone)
A A A

TIMIKA - Sekolah Tinggi Theologi (STT) Russel Timika yang berlokasi di Jalan C Heatubun, Timika, Papua, ludes dilalap api.

Kebakaran yang terjadi pada bangunan STT Russel Timika, Minggu (14/2/2016), menghanguskan sedikitnya tiga ruang belajar, dua ruang kantor, satu ruang pertemuan dan perpustakaan. Kebakaran ini terjadi diperkirakan sekitar pukul 01.40 WIT. Namun hingga api berhasil dipadamkan, belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran serta kerugian materil yang ditimbulkan.

Pantauan Okezone di tempat kejadian perkara (TKP), api awalnya bermula dari ruang kantor yang berada pada ujung bangunan sekolah. Api kemudian secara perlahan-lahan merembet melalui bagian atap dan menghanguskan seluruh bangunan yang terdiri dari tujuh ruangan tersebut.

Petugas pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika, mengerahkan sedikitnya enam unit kendaraan pemadam dan melakukan proses pemadaman hingga selesai, dan api berhasil dikuasai sekitar dua jam setelah kebakaran. Namun sayangnya isi yang berada di dalam ruangan berupa berkas administrasi serta peralatan lainnya, tidak dapat diselamatkan.

Salah satu warga yang bermukim di sekitar kompleks sekolah STT Russel mengatakan, sebelumnya sempat mendengar ada suara yang mirip ledakan, ketika dikroscek keluar rumah ternyata bangunan sekolah sudah dalam keadaan terbakar. Karena lokasi kantor Polsek Mimika Baru berdekatan dengan TKP, maka yang bersangkutan datang melapor kebakaran tersebut.

"Tadi waktu baru mau tidur saya ada dengar seperti suara ledakan, ketika keluar untuk mengecek ternyata sudah terbakar," jelas Damaris.

Sementara itu, keterangan yang sama juga disampaikan Mathius Kalalembang selaku dosen pada STT Russel Timika. Kepada Okezone di TKP, Mathius mengatakan bahwa pihaknya telah mencari informasi ke sejumlah warga sekitar kompleks sekolah terkait kebakaran ini, namun keterangan yang diperoleh hampir sama dengan keterangan warga lainnya.

"Memang tadi ada warga di belakang sekolah bilang, dia ada dengar suara ledakan juga, tapi itu api sudah menyala barulah ada ledakan," katanya.

Saat ini tim identifikasi dari Polres Mimika sudah berada di TKP untuk mengambil keterangan warga serta mencari barang bukti yang ada terkait kebakaran ini. Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi yang dapat diberikan petugas terkait peristiwa ini.

Bangun sekolah milik STT Russel juga ditempati oleh Sekolah Theologi Atas (STA) Derea dan SMP Yayasan Pendidikan Persekolahan Gereja Injili (YPPGI) Timika. Atas peristiwa ini, tidak ada satupun barang maupun berkas administrasi berhasil diselamatkan dari amukan sijago merah.

"Surat-surat maupun berkas-berkas semua ada didalam, tidak ada yang selamat," ujar Mathius.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini