Share

Liverpool Pesta Gol, The Villans Makin Terpuruk

Arief Hadi Purwono, Okezone · Minggu 14 Februari 2016 23:18 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 14 45 1311925 liverpool-pesta-gol-the-villans-makin-terpuruk-OhtdCi892P.jpg Liverpool menang 6-0 dari Aston Villa (Foto: Carl Recine/Reuters)
A A A

BIRMINGHAM – Aston Villa menelan kekalahan terburuk di Villa Park sejak terakhir mengalaminya pada 1935, dan kalah 0-6 dari Liverpool di pekan 26 Premier League. The Reds pun kembali ke jalur kemenangan usai tak pernah menang di empat laga terakhir mereka.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Liverpool belum pernah menang di empat laga terakhirnya dan Jurgen Klopp menurunkan susunan pemain terbaiknya. Termasuk trio andalan tim yang baru bisa bermain kembali, yakni Roberto Firmino, Philippe Coutinho dan Daniel Sturridge.

Sementara Remi Garde di kubu tuan rumah mengandalkan kecepatan Gabriel Agbonlahor di depan, dengan sokongan Carles Gil, Idrissa Gueye, dan Ashley Weswood. Villa juga masih membutuhkan banyak poin untuk menjauh dari zona degradasi, karena mereka masih ada di dasar klasemen dengan 16 poin.

Meski begitu laga berjalan miskin peluang hingga 10 menit pertandingan. Villa sempat mendominasi, namun berikutnya Liverpool yang mengambilalih serangan. Lini tengah Liverpool terbukti lebih kuat seiring keberadaan Jordan Henderson, James Milner, dan Emre Can.

Keberadaan Sturridge bak kepingan Liverpool yang hilang selama ini. Ia kembali ‘menari’ melakukan selebrasi gol usai membobol gawang Mark Bunn di menit 16, memanfaatkan umpan lambung Coutinho dari sisi kanan pertahanan Villa. 1-0 untuk Liverpool.

Villa masih kesulitan membangun serangan dengan baik dan mengancam gawang Simon Mignolet, serta menembus Mamadou Sakho dan Kolo Toure. Bahkan mereka kembali tertinggal di menit 25 via gol indah Milner. Eks pemain Villa itu melepaskan tendangan bebas melengkung ke kiri gawang Villa tanpa mampu dihentikan Bunn. 2-0 Liverpool menjauh.

Tim tuan rumah makin gencar menyerang. Tapi Liverpool juga berbahaya dari serangan balik saat mereka merebut bola dari penguasaan pemain Villa, serangan balik cepat mereka didukung dengan pergerakan lincah Sturridge di lini depan.

Drama penyelamatan dilakukan Bunn untuk menjaga gawangnya untuk tidak kebobolan lebih banyak gol. Sepakan dari dalam kotak penalti Sturridge ditepis oleh Bunn, hingga skor 2-0 untuk Liverpool bertahan hingga turun minum

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Babak Kedua

Villa tampil lebih positif di awal babak kedua dan gencar melakukan serangan untuk mengejar ketertinggalan.  Dan Leandro Bacuna pemain yang inisiatif melakukan tusukan ke dalam kotak penalti, sebelum melepaskan tembakan yang tak mampu dicegah Mignolet. Namun sang kiper kembali menyelamatkan bola itu di usaha keduanya.

Berjalan hingga 56 menit kabar buruk menimpa kubu tuan rumah. Agbonlahor cedera dan tidak dapat melanjutkan pertandingan, hingga diganti dengan Scott Sinclair. Kemalangan Villa tak berhenti sampai di situ.

Mereka tertinggal 0-3 pada menit 59. Kali ini Can menunjukkan skill individu dalam menusuk pertahanan Villa dan melepaskan tendangan jarak jauh ke gawang Villa, Bunn juga tak dapat menghalau bola yang datang.

Penderitaan Villa belum berakhir karena pada menit 63 dan 65 Liverpool kembali mencetak gol dan unggul 5-0. Pada menit 63 Divock Origi baru masuk menggantikan Sturridge, dan langsung mencetak gol di peluang pertamanya dari serangan balik tim. Menerima umpan Coutinho, Origi lepas dari kawalan bek Villa dan mencetak gol ke gawang Bunn.

Sementara untuk gol yang terjadi pada menit 65. Kemelut terjadi di muka gawang Villa saat Bunn menepis sepakan Clyne, bola terlepas dan Origi coba meraihnya namun terjatuh. Bola liar kemudian disambar Clyne untuk mencetak gol kelima tim.

Pertahanan dan pikiran pemain Villa tampaknya sudah buyar dan ingin mengakhiri laga secepat mungkin. Pada menit 71 dari situasi sepak pojok yang dieksekusi Henderson, bola menuju ke dalam kotak penalti dan ditanduk Toure dengan mudah. Tanpa kawalan, Toure bahkan tak perlu melompat untuk meraih bola yang datang dan Liverpool unggul 6-0.

Segala upaya dilakukan Villa untuk mencetak gol dan memberi hiburan kepada fans di Villa Park. Namun semua upaya itu tak membuahkan hasil, dan Villa untuk kali pertamanya kalah telak 0-6 di depan pendukungnya sendiri.

Susunan Pemain:

Aston Villa: Mark Bunn; Aly Cissokho, Joleon Lescott, Jores Okore; Micah Richards (Allan Hutton 84’); Idrissa Gueye, Ashley Westwood, Leandro Bacuna (Jordan Lyden 66’), Jordan Veretout, Carles Gil; Gabriel Agbonlahor (Scott Sinclair 58’)

Liverpool: Simon Mignolet; Nathaniel Clyne, Kolo Toure, Mamadou Sakho, Alberto Moreno; Jordan Henderson, Emre Can, James Milner; Roberto Firmino (Christian Benteke 74’), Philippe Coutinho (Kevin Stewart 66’); Daniel Sturridge (Divock Origi 62’)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini