Share

Betapa Penting Sarapan Buat Anak

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2016 10:38 WIB
$detail['images_title']
Betapa penting sarapan pagi buat anak (Foto: Nestle)

SARAPAN adalah waktu makan yang tak boleh dilewatkan. Secara khusus, sarapan penting untuk anak-anak.

Selain memberi asupan energi, sarapan juga penting kecerdasan anak dalam menyerap pelajaran seperti di sekolah.

Dokter spesialis anak dan ahli nutrisi metabolik, dr Yoga Devaera, SpA(K), mengatakan bahwa sarapan penting untuk memenuhi kebutuhan 15-35 persen kebutuhan total energi per hari. Utamanya lagi, sarapan penting untuk mendukung tumbuh kembang anak dan prestasi di sekolah.

“Bicara tentang anak, sarapan penting untuk aktivitas dan mendorong anak untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari proses belajarnya di sekolah. Bisa kita bayangkan ketika anak tidak sarapan, semetara dia harus mengikuti pelajaran olahraga. Akibatnya, anak tidak akan maksimal di sekolah,” jelasnya dalam diskusi berjudul “Isi Dengan yang Baik” bersama Nestle, di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (13/2/2016).

Ia meyampaikan bahwa kesimpulan tersebut serupa dengan berbagai penelitian terkait di seluruh dunia, termasuk satu survei di Bali yang ditulis dalam artikel Breakfast Habit and Academic Performance Among Suburban Elementary School Children.

Survei yang dilakukan pada anak kelas 1-6 SD setengahnya ditemukan tidak biasa sarapan. Semetara, anak yang biasa sarapan sebelum sekolah dua kali kemungkinannya untuk mendapat nilai di atas rata-rata.

Dari kelompok yang sarapan, anak yang dibiasakan dengan sarapan lengkap menunjukkan hasil berbeda, yaitu mampu mendapat nilai di atas rata-rata sampai empat kali lipat.

“Oleh karena itu, sarapan juga sebaiknya tidak asal kenyang. Dalam menu sarapan harus ada sumber karbohidrat untuk energi , protein hewani dan nabati dari lauk pauk, sumber mineral dan vitamin dari sayur atau buah, dan produk susu,” pesannya.

Ia pun berharap, pesan ini diingat oleh orangtua dan dibiasakan dalam keluarga. Ini sesuai dengan kampanye Pekan Sarapan Nasional (PESAN) yang diperingati setiap tanggal 14-20 Februari. Kampanye ini diadakan untuk terus mendorong masyarakat agar menerapkan perilaku sarapan sehat da gizi seimbang setiap hari.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(jjs)