Share

Tak Perlu Berikan Segalanya di Hari Valentine

Afriani Susanti , Okezone · Minggu 14 Februari 2016 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 14 65 1311663 tak-perlu-berikan-segalanya-di-hari-valentine-6Qm0QC25wC.jpg foto: dok Okezone

JAKARTA - Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang, sering dianggap menjadi momen untuk mengutarakan rasa yang terhadap orang-orang terkasih. Namun, ada juga anak muda yang melewati Hari Valentine tersebut dengan cara tidak tepat demi menunjukkan rasa sayang kepada di dia.

Bahkan, Hari Valentine kerap diisi dengan pasangan muda yang belum terikat pernikahan untuk berhubungan layaknya pasangan suami istri.

Mahasiswa London School Public Relations, Alif Quita Nopiati menilai, tindakan asusila seperti itu yang membuat para orangtua pada akhirnya takut mengizinkan putra-putrinya dekat dengan lawan jenis. Meski tidak melihat perayaan Hari Valentine sebagai hal penting, Alif menyarankan untuk merayakan Hari Kasih Sayang dengan kegiatan yang sederhana saja. Jangan sampai terjerumus pergaulan bebas.

"Kalau sampai melakukan seks bebas begitu, mah, keterlaluan banget. Hari Valentine itu kan harusnya diisi dengan kegiatan positif untuk menunjukkan rasa sayang kita ke orang lain, bukannya melakukan seks bebas. Yang wajar-wajar sajalah," ungkapnya saat berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Perempuan yang hobi menggambar ini menambahkan, bila ajakan tersebut datang kepadanya, dia akan tegas menolak. "Pertama pasti akan kasih penjelasan dulu ke dia (pasangan) kalau aku tuh enggak mau melakukan itu. Syukur kalau dia mau mengerti. Tapi kalau ternyata enggak, ya sudah putus aja," tambah mahasiswa semester tujuh itu.

Hal senada diungkapkan mahasiswa Universitas Petra Surabaya, Beatha Anandika. Menurutnya, menunjukkan rasa sayang tidak perlu memberikan segalanya.

"Kalau sampai ada yang melakukan seks bebas, ya sangat disayangkan. Karena kan sayang itu bukan berarti memberi segala-galanya pada orang yang kita sayang," tutur Beatha.

Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi ini melihat, tanpa di perayaan Hari Valentine pun, pergaulan bebas sudah merebak di kalangan anak muda, khususnya di kota-kota besar. Dia mengingatkan, teman-teman sebayanya perlu memahami konsekuensi dari apa yang dilakukan, termasuk pergaulan bebas.

"Jadi tergantung dari diri kita sendiri. Seharusnya kita paham bahwa ada batas-batasan yang perlu diperhatikan. Kalau ada teman yang seperti itu, tentu saya juga akan mengingatkannya," tandas Beatha.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(MSR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini