Share

Kelompok Konservasi Temukan Ratusan Telur Penyu di Tepi Pantai

Demon Fajri , Okezone · Senin 15 Februari 2016 01:39 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 15 340 1311981 kelompok-konservasi-temukan-ratusan-telur-penyu-di-tepi-pantai-7HMvgbjThG.jpg Bayi Penyu atau tukik (Okezone)
A A A

BENGKULU - Kelompok Konservasi Penyu Batu Kumbang, Desa Pulau Baru, Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menemukan 165 butir telur penyu di dua lokasi berbeda.

Lokasi pertama, anggota KPA Batu Kumbang menemukan telur penyu di sekitar kawasan pantai batu kumbang, sebanyak 107 butir telur penyu. Lokasi kedua, di kawasan tepi pantai Agam, Desa Air Rami, Kecamantan Air Rami, Kabupaten Mukomuko, sebanyak 28 butir telur penyu.

Wakil Ketua Kelompok Konservasi Penyu Batu Kumbang, Edi Susanto, mengatakan, 107 butir telur penyu adalah hasil penelusuran pihaknya untuk dilakukan pengeraman di lokasi KPA Batu Kumbang. Sementara 28 butir telur penyu diperoleh dari tangan masyarakat Desa Air Rami.

''Telur penyu tidak ada yang hilang. 28 telur penyu itu kita beli empat butir dengan harga Rp10 ribu, sebab mereka yang menemukan di tepi Pantai Air Rami,'' kata Edi, kepada Okezone, Minggu (14/2/2016).

Saat ini, kata dia, secara keseluruhan telur penyu sudah dieramkan di penangkaran penyu Batu Kumbang. Selain itu, kata dia, ratusan telur penyu yang dieram tersebut belum diketahui penyu jenis apa.

''Kita belum tahu penyu jenis apa. Nanti setelah menetas baru kita tahu, penyu jenis apa,'' jelas Edi.

Setelah beberapa bulan dieram, lanjut dia, nantinya secara keseluruhan telur penyu akan di lepas liarkan di obyek wisata pantai batu kumbang. Sebab, kata dia, di lokasi itu masih dijadikan tempat penyu bertelur.

''Tepian pantai batu kumbang jadi lokasi bertelur penyu,'' demikian Edi.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini