Share

Robot Pemadam Api Karya Mahasiswa Sidoarjo

Pramono Putra, Sindo TV · Jum'at 29 April 2016 08:32 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 28 65 1375399 robot-pemadam-api-karya-mahasiswa-sidoarjo-V9g8shtMUm.jpg Ilustrasi: robot pendeteksi dan pemadam api. (Foto: Antara)

SIDOARJO - Prihatin dengan tingginya angka kebakaran belakangan ini, tiga mahasiswa sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) di Sidoarjo-Jawa Timur menciptakan sebuah robot yang bisa mendeteksi dan memadamkan api. Robot tersebut bisa mendeteksi titik api dan sekaligus langsung memadamkannya dalam hitungan detik.

Dimulai pada 2014, Tri Wahyudi, Bingar dan Tegar akhirnya mampu menciptakan sebuah robot yang dilengkapi sensor api dan upaya pemadamannya. Robot yang dinamai Robo Sognare V3 ini merupakan robot kecil yang mampu mendeteksi titik api di suatu ruangan.

"Meski tampak sederhana, robot ini dilengkapi dengan Uvitrone TPA 81 atau sensor api, SRF 04 atau sensor jarak ultrasonik serta servo sehingga mampu berjalan sendiri ke arah titik api dan langsung memadamkannya dengan metode angin kencang yang dikeluarkan dari kipas plastik yang berada di depan robot," papar sang ketua tim, Tri Wahyudi.

Bermodal dana Rp16 juta, Tri dan kawan-kawan berhasil merakit berbagai perangkat elektronik tersebut menjadi bentuk robot yang layak untuk dipasarkan. Ketiganya pun siap menciptakan robot sejenis memakai teknik dan metode serupa namun lebih canggih dan berukuran lebih besar.

"Kami siap membuat robot besar yang bisa digunakan sebagai salah satu alat pemadam kebakaran jika ada pihak yang menginginkannya. Tentunya, dengan bantuan modal dana untuk proses penyediaan alat dan perakitannya," ujar Tri.

Ikuti try out online SBMPTN 2016 Okezone di laman: tryout.okezone.com pada 25 April-10 Mei. Ada hadiah menarik bagi peserta dengan nilai tertinggi, lho!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini