Share

24 Polisi Terluka, Seorang Kritis Akibat Bentrokan Demo Buruh

Rahman Asmardika , Okezone · Jum'at 29 April 2016 04:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 29 18 1375670 24-polisi-terluka-seorang-kritis-akibat-bentrokan-demo-buruh-hSmzw3tFHT.jpg Seorang polisi menghadapi demonstran dalam unjuk rasa menentang rencan reformasi undang-undang tenaga kerja di Paris, 28 April 2016. (Foto: Reuters)
A A A

LYON – Bentrokan antara polisi dengan pengunjuk rasa pecah di beberapa kota di Prancis pada demonstrasi menolak rencana reformasi undang-undang buruh pada Kamis, 28 April. Salah satu bentrokan terparah terjadi di Paris dimana delapan orang polisi terluka, dan salah satunya dalam keadaan kritis.

Menteri Dalam Negeri Prancis, Bernard Cazeneuve mengatakan lebih dari 100 demonstran dari seluruh negeri ditahan dan 24 polisi serta polisi militer terluka. Unjuk rasa terjadi kota-kota di seantero Prancis dari Rennes sampai Marseille.

“Saya menyerukan kepada para penyelenggara demonstrasi ini untuk mengutuk dengan ketegasan yang sama dengan saya, kerusuhan yang disebabkan oleh sejumlah penjahat ini,” kata Cazeneuve sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (29/4/2016).

Demonstrasi yang terjadi pada Kamis kemarin adalah unjuk rasa hari keempat yang dilakukan serikat buruh untuk menolak rancangan reformasi undang-undang buruh yang menurut serikat CGT akan memberikan kekuasaan lebih besar kepada para pimpinan perusahaan untuk mengatur upah dan kondisi kerja.

“Kami ingin rancangan undang-undang itu ditarik selama tujuannya berarti hukum tidak lagi menjadi aturan dan setiap perusahaan dapat menghilangkan batas waktu kerja dan lembur. Hal ini tidak dapat diterima,” kata Pimpinan Serikat Buruh CGT Philippe Martinez.

Undang-undang baru ini dianggap sebagai cara Presiden Francois Hollande untuk mengatasi tingginya angka pengangguran. Pertumbuhan ekonomi Prancis yang melambat membuat tingkat pengangguran di negara itu berada di atas 10 persen.

Dengan semakin dekatnya Hari Buruh yang akan jatuh pada 1 Mei mendatang, sebagian besar warga Prancis khawatir protes yang terjadi semakin meluas dan keadaan akan menjadi semakin buruk.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini