Share

Alasan Penting Pasangan Harus Atur Jarak Kehamilan

Vien Dimyati, Okezone · Jum'at 29 April 2016 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 29 196 1376248 alasan-penting-pasangan-harus-atur-jarak-kehamilan-JixbCtCrFH.jpg Keluarga sejahtera (Foto: Google)
A A A

MENGATUR jarak kehamilan ternyata memiliki keuntungan tersendiri bagi pasangan suami istri. Tidak hanya memberikan keuntungan bagi orangtua, ternyata juga memiliki keuntungan untuk sang anak. Lantas, apa keuntungan tersebut?

Beberapa waktu lalu, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri meminta para ibu untuk ikut program Keluarga Berencana (KB) agar dapat mengatur jarak kehamilan. Hal tersebut dikemukakannya dalam peringatan Hari Bumi Sedunia di Taman Hutan Rakyat (TAHURA) Pantai Carita Pandeglang Provinsi Banten beberapa waktu lalu. 

Mega mengatakan, dengan mengatur jarak kehamilan ibu punya waktu untuk membesarkan anak anaknya dengan melengkapi gizi yang dibutuhkan.

ia juga berharap Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dapat terus menggencarkan program KB kepada para keluarga di Indonesia terutama dalam mengurangi angka kematian ibu.

"Kaum ibu bukan alat produksi untuk melahirkan anak saja, tetapi harus bisa mendidik anak agar mempunyai kecerdasan yang baik, dan itu bisa dilakukan jika ibunya sehat. Bagaimana kita bisa mendapatkan calon pemimpin bangsa yang baik jika anak-anaknya kurang gizi," lanjutnya.

Mega juga berpesan agar para ibu mengajarkan kepada anak mereka melestarikan bumi dengan penuh cinta kasih mengingat banyaknya kerusakan yang terjadi di bumi karena ulah manusia.

“Harus diajarkan pada anak-anak untuk menjaga dan melestarikan bumi sejak dini,” katanya.

Sementara itu, Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty mengatakan, populasi warga dunia pada saat ini mencapai 7,3 miliar, sedangkan kapasitas bumi diperkirakan hanya cukup menampung 9 miliar saja, sehingga perlu kesadaran untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk dunia agar bumi bisa menjadi tempat yang nyaman untuk kehidupan anak cucu nantinya.

“Menjaga bumi juga bisa dengan mengikuti program KB. Dengan ikut program KB, maka dapat mengendalikan jumlah pertumbuhan penduduk," tambahnya.

BKKBN saat ini menggaungkan kembali program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dengan pendekatan kampung KB. Surya berharap kampung KB dapat menjadi kampung masyarakat yang sehat dan memiliki produktivitas sehingga lingkungan di sekitarnya dapat terpelihara dengan baik. Sebagai inovasi strategis untuk mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas Program KKBPK secara utuh di lini lapangan, Kampung KB merupakan model miniatur pelaksanaan program KKBPK yang diharapkan bisa bersinergi dengan berbagai instansi terkait, lintas kementerian, dengan mengakomodir kebutuhan masyarakat setempat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini