Share

Ekonomi AS 0,5%, Menko Darmin: Tak Akan Berani Naikkan Suku Bunga

Kurniasih Miftakhul Jannah , Okezone · Jum'at 29 April 2016 08:51 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 29 20 1375769 ekonomi-as-0-5-menko-darmin-tak-akan-berani-naikkan-suku-bunga-MliIOZJzS9.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) mengerem cukup tajam dan berada dalam kecepatan yang paling lambat dalam dua tahun terakhir. Kondisi ini ternyata memiliki dampak cukup besar terhadap bank sentral AS. Tercatat, pertumbuhan ekonomi AS hanya 0,5 persen di kuartal I-2016.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, dengan kondisi ini, bank sentral AS atau The Fed tidak akan berani menaikkan suku bunganya (Fed fund rate).

"Ya artinya dia enggak akan berani naikkan suku bunga," kata Darmin di kantornya, Kamis (28/4/2016) malam.

(Baca Juga: Ekonomi Amerika Hanya Tumbuh 0,5%)

Darmin memproyeksi, penahanan suku bunga ini akan terjadi hingga akhir tahun 2016. Saat ini Fed mematok suku bunga di level 0,25-0,50 persen.

"Bisa jadi sampai akhir tahun. Kan udah sekali sampai akhir tahun mungkin enggak," terang dia.

(Baca Juga: The Fed Pertahankan Suku Bunga)

Untuk diketahui, AS mengalami perlambatan ekonomi. Pengeluaran konsumen yang melambat dan dolar AS yang kerap menguat telah melemahkan ekspor.

Departemen Tenaga Kerja mencatat Pertumbuhan Produk domestik bruto (PDB) Amerika tercatat naik 0,5 persen, angka paling lambat sejak kuartal I-2014. Para pedagang nampaknya masih berusaha mengurangi barang dagangan yang tidak diinginkan dan menjadi penyumbat di gudang.

Ekonomi juga terpukul dengan rendahnya harga minyak, yang telah melukai keuntungan perusahaan ladang minyak seperti Schlumberger (SLB.N) dan Halliburton (HAL.N), yang mengakibatkan pengeluaran besar sejak kuartal kedua 2009, ketika resesi berakhir.

Para ekonom sendiri memperkirakan ekonomi Amerika akan tumbuh pada 0,7 persen di kuartal I-2016 ini. ekonomi tumbuh pada kecepatan 1,4 persen pada kuartal keempat. Hampir semua sektor ekonomi melemah pada kuartal I dengan pasar perumahan bintang tunggal.

Perlambatan pertumbuhan kemungkinan hanya bersifat sementara, mengingat pasar pekerjaan yang cukup kuat. Aplikasi untuk tunjangan pengangguran masih berada di dekat level terendah 43 tahunan, dan keuntungan pekerjaan rata-rata naik 209.000 pekerjaan per bulan pada kuartal I.

Belanja konsumen, yang menyumbang lebih dari dua-pertiga dari kegiatan ekonomi AS, meningkat pada tingkat 1,9 persen. Namun, angka ini merupakan angka yang paling lambat sejak kuartal I-2015 dan berada di bawah tingkat kuartal IV sebesar 2,4 persen.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini