Share

3 Risiko Global yang Diwaspadai BI

Kurniasih Miftakhul Jannah , Okezone · Jum'at 29 April 2016 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 29 20 1375946 3-risiko-global-yang-diwaspadai-bi-IvIzOYDhwN.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)
A A A


JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menuturkan, ada sumber risiko global yang perlu diwaspadai. Pasalnya risiko ini bisa memicu pergerakan modal portfolio global.

Risiko pertama adalah perbedaan atau divergensi kebijakan moneter di Amerika Serikat dengan Eropa, Jepang dan sebagian besar emerging market. [Baca juga: Ekonomi Indonesia Tertinggi Dibanding Negara Berkembang Asia]

Risiko kedua adalah berlanjutnya kejatuhan harga komoditas. Hal ini menjadi penting lantaran jatuhnya harga komoditas utama bisa mempengaruhi harga komoditas lain.

"Kedua berlanjutnya kejatuhan harga komoditas," kata Agus dalam ACI World Congress 2016, di Jakarta, Jumat (29/4/2016).

Risiko ketiga, lanjutnya, melambatnya pertumbuhan ekonomi yang sifatnya struktural pada hampir sebagian besar ekonomi emerging market disertai berbagai kerentanan terutama semakin tingginya utang swasta di beberapa emerging market.

Ketiga risiko global ini, lanjutnya, menjadi salah satu alasan diturunkannya proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia oleh International Monetary Fund (IMF). Pertumbuhan ekonomi dunia untuk 2016 dan 2017 diprediksi turun dari 3,4 persen dan 3,6 persen menjadi 3,2 persen dan 3,5 persen.

"Revisi ke bawah prospek pertumbuhan ekonomi tersebut terutama bersumber dari terus melemahnya ekonomi emerging market yang berkontribusi terhadap tujuh persen dalam pertumbuhan ekonomi dunia," cetusnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini