Share

TOP FOOD 8: Kuliner Ambon Kurang 'Nendang' Tanpa Kacang Kenari

Devi Setya Lestari, Okezone · Sabtu 30 April 2016 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 29 298 1376650 top-food-8-kuliner-ambon-kurang-nendang-tanpa-kacang-kenari-7YLNxlHLSX.jpg Kacang kenari (Foto:Bbcgoodfood)
A A A

SELAIN terkenal dengan cakalang fufu yang rasanya tak tertandingi, Ambon juga punya tanaman khas yang berlimpah yakni kacang kenari. Saking banyaknya kacang kenari ini, masyarakat Ambon banyak mengolah masakan dengan menambahkan kacang kenari di dalamnya.

Mulai makanan ringan, kue hingga minuman khas Ambon banyak yang diolah dengan menggunakan kacang kenari. Dikatakan Jensy, kacang kenari di Ambon tidak pernah kehabisan stok alias selalu ada. Karenanya banyak ditambahkan dalam masakan.

“Tidak pernah habis kenari ke sana, pohonnya tumbuh subur dan buahnya banyak,” kata Jensy, perempuan ramah asli berdarah Ambon yang ditemui Okezone di Jakarta.

Jensy juga menyebutkan beberapa kuliner khas yang menggunakan kacang kenari sebagai campuran makanan diantaranya roti kering kenari, air halia kenari, bagea dan lain sebagainya. Jensy mengatakan kenari yang disangrai saja juga bisa dijadikan camilan oleh masyarakat.

“Kenari panggang biasa jadi camilan, dimakan gitu saja. Rasanya sudah enak dan terksturnya garing,” tutup Jensy diselingi senyum.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini