Share

Menteri Susi Tunggu Putusan Argentina untuk Bom Kapal China

Hendra Kusuma , Okezone · Jum'at 29 April 2016 16:48 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 29 320 1376239 menteri-susi-tunggu-putusan-argentina-untuk-bom-kapal-china-gwx3QoBqzS.jpg Menteri KKP Susi Pudjiastuti (Foto : Okezone)
A A A

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memastikan penanganan anak buah kapal (ABK) kapal FV Hua Li 8 akan ditangani sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Apalagi, pengadilan Argentina meminta pemerintah memperlakukan ABK dengan baik dan memenuhi kebutuhan-kebutuhannya, serta tidak menurunkan ABK dan barang apapun ke daratan.

"ABK sesuai dengan proses. Sampai hari ini masih di sini," kata Susi di Kantornya, Jakarta, Jumat (29/4/2016).

Mengenai pengeboman, Susi masih menunggu putusan pengadilan Argentina yang telah menerima dokumen-dokumen kapal berbendera China dari pemerintah Indonesia.

"Belum tahu karena ini yurisdiksi Argentina," tandasnya.

Diketahui, penangkapan kapal FV Hua Li 8 yang berbendera Cina merupakan atas instruksi interpol yang telah menerima laporan dari pengadilan Argentina.

 [Baca juga: Terima Kapal Hua Li 8 dari Menteri Susi, Argentina Siap Eksekusi]

Kapal Hua Li 8 saat ini telah bersandar aman di Pangkalan Utama TNI AL Lantamal I Balawan, Sumatera Utara. Kapal penangkap ikan berbobot 1.275 grosstonnage (gt) ini ditangkap oleh dua kapal perang TNI AL di perairan Lhokseumawe, Aceh.

Adapun, penangkapan dilakukan setelah mendapat informasi dari interpol bahwa kapal berbendera China tersebut akan memasuki perairan Indonesia. Tidak hanya itu, kapal Hua Li 8 juga menjadi buron interpol atas permintaan pemerintah Argentina, sebab kapal tersebut mencuri ikan di perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Argentina.

Interpol menerbitkan purple notice kepada ratusan negara dan TNI AL menindaklanjuti pelacakan. Bahkan, berkat pelacakan dan purple notice serta otoritas pengadilan, TNI AL mengejar kapal Hua Li 8 hingga memasuki perairan Malaysia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini