Share

Banjir di Lebak Rendam Tiga Desa

ant , Jurnalis · Jum'at 29 April 2016 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 29 340 1375941 banjir-di-lebak-rendam-tiga-desa-YxHabSOY5P.jpg ilustrasi (foto: Okezone)
A A A

LEBAK - Banjir menggenangi tiga desa di Kabupaten Lebak, Banten, setelah hujan deras mengguyur sejak Kamis (28/4) hingga Jumat dinihari di daerah itu.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Kaprawi, Jumat, mengatakan banjir yang merendam tiga desa itu antara lain Desa Mayak Kecamatan Curugbitung sebanyak 30 unit rumah, Desa Mentengjaya Kecamatan Cibadak 25 unit dan Desa Aweh Kecamatan Kalanganyar 10 unit rumah.

Ketinggian banjir yang melanda tiga desa itu bervariasi antara 30 sentimeter sampai satu meter. Namun, banjir tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan material.

Pihaknya hingga kini terus mengoptimalkan pemantauan maupun penyaluran bantuan bahan pokok dengan melibatkan relawan tangguh.

Bencana banjir melanda permukiman warga sekitar dinihari akibat meluapnya sejumlah sungai. "Kami mengimbau warga tetap waspada banjir susulan karena curah hujan selama sepekan ke depan cenderung meningkat," kata Setiawan.

Salah seorang anggota relawan di Kecamatan Curugbitung Kabupaten Lebak Karna mengatakan, pihaknya sejak pagi membantu masyarakat di Desa Mayak yang tergenang dengan ketinggian air 70 sentimeter akibat meluapnya sungai setempat.

Saat ini, kata dia, masyarakat yang rumahnya terendam banjir itu beruntung tidak mengungsi.

Sebab, banjir itu hanya beberapa jam, namun kembali mulai surut. "Kami minta masyarakat tetap waspada banjir karena cuaca buruk masih berpeluang dengan intensitas ringan dan sedang," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini