Share

Sportpedia: Profil Sirkuit Sochi Autodrom

Riski Bayuni Sagala, Jurnalis · Jum'at 29 April 2016 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 29 37 1376120 sportpedia-profil-sirkuit-sochi-autodrom-ZkJQd6pAhO.jpg Foto Ilustrasi (Foto: Laman resmi F1)
A A A

PERHELATAN Formula One (F1) akan kembali menggelar balapan di seri keempat F1 pada Minggu, 1 Mei 2016 malam WIB di Sirkuit Sochi Autodrom, Rusia. Sirkuit ini dikenal sebagai sirkuit yang unik karena letaknya yang berada di dalam komplek Olimpiade Sochi. Sochi sendiri sempat menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2014.

Sebelumnya, Sirkuit ini dikenal dengan nama Sirkuit Sochi International Street dan Sirkuit Sochi Olympic Park. Sirkuit yang resmi digunakan pada 21 September 2014 ini memang dikenal sarat akan sejarah.

Pada tahun sama pula Sochi Autodrom resmi menjadi lintasan Grand Prix (GP) F1. Lintasan ini terdiri dari 53 lap dengan 18 tikungan yang terdiri dari 12 tikungan ke kanan dan enam tikungan ke kiri. Sirkuit yang dapat menampung 55.000 penonton ini memiliki panjang lintasan 5.5848 km. Para pembalap F1 akan menempuh jarah 309.745 km sebelum mengakhiri balapan.

Sirkuit Sochi Autodrom dikenal sebagai sirkuit yang berkarakter unik. Selain karena sarat akan sejarah, namun juga karena tipe lintasannya yang terdiri dari tikungan-tikungan cepat dan lamban. Selain itu, terdapat pula beberapa tikungan yang berjarak pendek. Sehingga para pembalap harus mampu mempertahankan kecepatannya.

Rekor tercepat hingga saat ini masih dipegang pembalap asal Ferrari, Sebastian Vettel. Pria asal Jerman tersebut berhasil mencatatkan waktu 1 menit 40.071 detik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fap)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini