Share

Jangan Lakukan Ini Saat Daftar SBMPTN 2016!

Iradhatie Wurinanda, · Minggu 01 Mei 2016 07:13 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 29 65 1376373 jangan-lakukan-ini-saat-daftar-sbmptn-2016-7ESxBP9leU.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 sudah dibuka sejak 25 April sampai 20 Mei mendatang. Kini, para calon peserta mulai melakukan tahapan pendaftaran, dari mulai mengisi data, membayar biaya pendaftaran, hingga mencetak kartu peserta.

Salah teknis atau tahapan mengisi aplikasi bisa menyebabkan kamu tak terdaftar dan gagal masuk kampus negeri impian. Berikut ini larangan-larangan ketika mendaftar SBMPTN.

1. Menunda mendaftar

Kebiasaan buruk banyak orang adalah menunda pekerjaan hingga mendekati batas akhir. Jangan lakukan ini ketika mendaftar SBMPTN, ya! Di akhir masa pendaftaran, server rentan down. Padahal, banyak data yang harus dilengkapi.

Selain itu, tahun ini panitia SBMPTN 2016 juga menyediakan ujian berbasis komputer atau SBMPTN computer based test (CBT). Nah, mengingat kuota SBMPTN CBT terbatas, segeralah mendaftar bagi kamu yang berminat mengikutinya.

2. Pakai foto tidak formal

Jangan gunakan foto selfie atau bergaya lainnya untuk diunggah ke laman SBMPTN. Foto yang tidak formal dan tidak sesuai ketentuan akan membuatmu tidak diperbolehkan mengikuti ujian. Sebab, saat SBMPTN nanti, pengawas ujian akan memeriksa kartu peserta yang sudah kamu cetak sebelumnya.

3. Tidak teliti

Telitilah ketika mengisi data diri. Jangan sampai ada salah penulisan, terutama terkait nama, tanggal lahir, nama sekolah, dan lain sebagainya. Sebelum meninggalkan laman pendaftaran, cek lagi data-data yang sudah diisi.

4. Asal pilih kampus dan jurusan

SBMPTN bukan ajang coba-coba. Ingat, ratusan ribu peserta mengikuti ujian ini demi masuk ke PTN impian. Oleh sebab itu, lihat peta persaingan jurusan dan kampus di tahun sebelumnya untuk referensi. Jangan sampai kamu salah strategi atau bahkan sampai masuk ke jurusan atau kampus yang tidak sesuai passion-mu.

5. Malas cari informasi

Panitia telah merancang proses SBMPTN 2016 sedemikian rupa agar para calon peserta tidak merasa kesulitan dalam mendaftar. Kesalahan-kesalahan pendaftaran terjadi lantaran para pelajar malas mencari informasi. Jadi, bagi yang masih bingung, segera cek laman SBMPTN 2016 mengenai tata cara pendaftaran. (ira)

Ikuti try out online SBMPTN 2016 Okezone di laman: tryout.okezone.com pada 25 April-10 Mei. Ada hadiah menarik bagi peserta dengan nilai tertinggi, lho!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini