Share

Gurih Lezat Mi Kangkung Khas Betawi di JFFF 2016

Dinno Baskoro, Okezone · Minggu 01 Mei 2016 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 30 298 1377096 gurih-lezat-mi-kangkung-khas-betawi-di-jfff-2016-BRD9droQK4.jpg Mi kangkung di JFFF 2016 (Foto: Dinno/Okezone)
A A A

MENGANGKAT tema "Aneka Mie Nusantara" festival kuliner Kampoeng Tempo Doeloe, Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) 2016 menyuguhkan beragam sajian mi lezat. Salah satunya yang wajib dicoba adalah mi kangkung khas Betawi.

Sajian mi kangkung khas Betawi sudah cukup jarang terlihat di Ibu Kota. Penasaran dengan rasanya? Cobalah untuk melipir sejenak ke Mie Kangkung President yang ada di KTD, JFFF 2016, Kelapa Gading, Jakarta.

"Mi kangkung itu masakan Betawi. Zaman dulu, orang jualnya dipikul dan sekarang sudah jarang banget yang jual mi kangkung," ungkap Grace, pemilik gerai Mie Kangkung President kepada Okezone di KTD, La Piazza, Jakarta.

Basiknya, sajian ini menggunakan mi kuning sebagai bahan dasar utama. Kemudian mi disiram dengan kuah dari kaldu ayam kampung dan campuran kecap serta racikan bumbu yang khas.

"Kuahnya pakai kuah kecap yang diracik sama bumbu. Ada tambahan jeruk limau jadi ada asam segar," tambah Grace.

Saat disajikan, mi diberi tambahan bawang goreng, daging ayam, kangkung dan tauge rebus. Sepintas mirip mi ayam biasa, tapi ketika dicicipi, rasanya unik, gurih, manis, dan ada jejak rasa asam segar dari jeruk limau, memberi sensasi menyantap mi yang beda dari biasanya.

Mau rasanya lebih nendang? Mi kangkung juga nikmat disantap dalam keadaan hangat dan tambahan sambal.

"Zaman dulu juga biasanya pakai daging babi. Tapi kami menggunakan bahan-bahan halal, makanya pakai daging ayam," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini