Share

Korban Penipuan Dana BOS Tak Hanya di Jakarta

Bayu Septianto , Okezone · Sabtu 30 April 2016 23:43 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 30 338 1377117 korban-penipuan-dana-bos-tak-hanya-di-jakarta-3Pf0ZqFapH.jpg Ilustrasi
A A A

JAKARTA - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Jakarta Selatan berhasil menangkap empat pelaku penipuan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). (Baca juga: Sindikat Penipu Dana BOS Ditangkap Polres Jaksel)

Kasatreskim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Audie S Latuheru mengatakan, pelaku berhasil ditangkap karena adanya laporan masyarakat dari sebuah Sekolah Dasar (SD) di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Namun, menurut Audie, komplotan pelaku ini tak hanya menyasar sekolah-sekolah yang ada di Jakarta saja.

"Kami lihat korbannya hampir dari seluruh Indonesia, tapi kebetulan yang kami tangani salah satu SD di Kebayoran Baru, Jaksel," kata Audie saat dikonfirmasi, Sabtu (30/4/2016).

Audie menuturkan, pihaknya berhasil mendapatkan barang bukti berupa nama dan alamat yang diduga korban penipuan dana BOS ini.

"Ada kartu SIM, lalu ditemukan juga banyak SMS booming yang bisa mengirimkan pesan dalam jumlah besar," tutur Audie.

Menurut Audie, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, diperkirakan para pelaku ini sudah menjalankan aksinya selama lima tahun. Namun, Audie belum bisa menyebutkan angka keuntungan yang didapatkan para pelaku ini dari hasil kejahatannya.

"Perkiraan uangnya sangat besar. karena satu korban saja sekira Rp40 juta," beber Audie.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini