Share

Jet Tempur Hungaria Cegat British Airways karena Dianggap Ilegal

Wikanto Arungbudoyo , Okezone · Senin 02 Mei 2016 02:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 01 18 1377636 jet-tempur-hungaria-cegat-british-airways-karena-dianggap-ilegal-kzFjkjsme1.jpg Pesawat British Airways (Foto: Paul Hackett/Reuters)
A A A

LONDON – Sabrina Fawaz dan suaminya tidak pernah berpikir akan mengalami kejadian mengerikan. Pesawat maskapai British Airways (BA) yang ditumpanginya dari Dubai, Uni Emirat Arab; dengan tujuan London, Inggris; dicegat oleh satu unit jet tempur milik Hungaria.

Insiden mengerikan tersebut terjadi ketika pesawat (BA) tujuan Bandara Heathrow, London itu kehilangan kontak dengan menara pengawas penerbangan (ATC). Artinya, pesawat itu dianggap memasuki wilayah udara negara lain tanpa izin.

“Sulit untuk dijelaskan. Anda langsung membayangkan ada sesuatu yang salah terjadi di pesawat dan Anda tidak pernah tahu apa masalahnya ada di pesawat atau di darat,” urai Fawaz, seperti dimuat London Evening Standard, Senin (2/5/2016).

“Saya tidak bisa berkata-kata dan panik. Sangat menakutkan. Saya pikir mereka siap melepaskan tembakan,” imbuhnya. Insiden mengerikan itu terjadi pada Sabtu 30 April 2016 siang waktu setempat di wilayah udara Hungaria.

Menurut protokol keamanan udara, pilot pesawat komersial harus mengontak menara ATC ketika memasuki wilayah udara sebuah negara. Ketika pesawat BA itu gagal melakukan kontak, otoritas Hungaria langsung mengirim dua jet tempur Gripens ke udara karena dianggap memasuki wilayah udara secara ilegal.

Kementerian Pertahanan Hungaria menyatakan dua jet tempur itu terbang pada pukul 12.55. Keduanya sempat berakrobat dan terbang di sisi pesawat maskapai British Airlines tersebut. Namun, dua jet tempur itu langsung kembali ke pangkalan setelah pilot BA berhasil mengontak ATC.

Juru bicara British Airways mengakui adanya insiden tersebut. “Komunikasi dengan ATC langsung pulih dengan cepat. Penerbangan itu mendarat dengan selamat di Heathrow,” tuturnya.

Berikut video insiden tersebut:

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini