Share

Rosberg Kuasai Sochi, Rio Haryanto Gagal Finis

Tatang Adhiwidharta, Jurnalis · Minggu 01 Mei 2016 20:39 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 01 37 1377591 rosberg-kuasai-sochi-rio-haryanto-gagal-finis-KNohEwPAzZ.jpg Formula One. (Foto: Reuters/ Hamad I Mohammed)
A A A

SOCHI - Grand Prix Rusia Formula One (F1) berlangsung di Sirkuit Sochi, Minggu (1/5/2016). Pembalap Mercedes, Nico Rosberg sukses menjadi juara, dibuntuti Lewis Hamilton di posisi kedua. Sementara wakil Ferrari, Kimi Raikkonen, mengamankan posisi ketiga.

Sementara pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto yang membela Manor Racing Team harus mengalami hari yang buruk. Sebab saat di tikungan pertama, jet darat miliknya berputar hingga gagal melanjutkan balapan.

Jalannya Balapan

Pembalap Indonesia yang membela Manor Racing memulai start dari posisi ke-21. Sayangnya pada lap pertama, Rio harus berhenti dari lomba karena jet darat miliknya berputar saat di tikungan pertama karena ada gangguan dari tim Force India.

Kejadian tersebut tidak hanya dialami Rio, pilot Ferrari, Sebastian Vettel juga kembali bentrok dengan pembalap Red Bull, Daniil Kvyat saat di tikungan kedua. Alhasil, mobil pembalap Jerman tersebut keluar dari lintasan dan menabrak sisi pembatas.  Pihak Steward akhirnya mengibarkan bendera kuning, hingga safety car turun di arena balap. Namun beberapa menit kemudian, balapan dilanjutkan.

Nico Rosberg yang mengawali balapan dari posisi pertama tampil nyaman di depan. disusul Felipe Massa di posisi kedua, dan diikuti pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen. Sementara Lewis Hamilton yang mengawali lomba di urutan ke-10 tercecer di posisi ketujuh.

Memasuki lap ke-20 Roseberg masih memimpin balapan dengan waktu 1:42,147. Namun kini ia dibuntuti driver Ferrari, Kimi Raikkonen dan Max Verstappen di urutan ketiga.

Rekan Rio Haryanto, Pascal Wehrlein yang berada di urutan ke-17 pada Lap ke 25 bersaing dengan pembalap Red Bull, Daniil Kvyat. Namun kecepatan mobilnya mampu ditaklukan pembalap asal Rusia tersebut.

Memasuki lap ke-30 pembalap Mercedes, Hamilton sukses mengkudeta posisi kedua milik Kimi Raikkonen. Lantas, tim berbasis di Brackley tersebut menguasai perlombaan. Kejadian buruk dialami oleh pembalap muda Haas, Max Verstappen yang sempat berada di lima besar. Sayangnya di lap ke-34, jet daratnya terhenti di samping arena balap dan tak bisa melanjutkan balapan.

Memasuki lap terakhir, Nico Rosberg berhasil finis diurutan pertama, kemudian disusul rekan setimnya Hamilton. Sedangkan posisi ketiga diisi oleh pembalap Ferrari, Raikkonen. Atas kemenangan ini, Rosberg sukses mencatat kemenangan ketujuhnya. Ia sukses naik ke podium pertama sebanyak empat kali di awal musim.   

Bagi pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto kembali mengalami hari yang buruk. Ia gagal menyentuh garis finis untuk kedua kalinya dari empat seri balapan. 

Berikut hasil lengakap balapan di GP Rusia, Minggu (1/5/2016):


1. Nico Rosberg    GER Mercedes-Mercedes    53 laps 1h 32m 41.997s
2. Lewis Hamilton    GBR Mercedes-Mercedes    +25.022s
3. Kimi Raikkonen    FIN Ferrari-Ferrari    +31.998s
4. Valtteri Bottas    FIN Williams-Mercedes    +50.217s
5. Felipe Massa    BRZ Williams-Mercedes    +1m 14.427s
6. Fernando Alonso    ESP McLaren-Honda    +1 lap
7. Kevin Magnussen    DEN Renault-Renault    +1 lap
8. Romain Grosjean    FRA Haas-Ferrari    +1 lap
9. Sergio Perez    MEX Force India-Mercedes    +1 lap
10. Jenson Button    GBR McLaren-Honda    +1 lap

11. Carlos Sainz Jr    ESP Toro Rosso-Ferrari    +1 lap*
12. Daniel Ricciardo    AUS Red Bull-Renault    +1 lap
13. Jolyon Palmer    GBR Renault-Renault    +1 lap
14. Marcus Ericsson    SWE Sauber-Ferrari    +1 lap
15. Daniil Kvyat    RUS Red Bull-Renault    +1 lap
16. Felipe Nasr    BRA Sauber-Ferrari    +1 lap
17. Esteban Gutierrez    MEX Haas-Ferrari    +1 lap
18. Pascal Wehrlein    GER Manor-Mercedes    +2 laps**

Gagal Finis
Rtd Max Verstappen NED Toro Rosso-Ferrari    34 laps completed
Rtd Sebastian Vettel    GER Ferrari-Ferrari    0 laps completed
Rtd Nico Hulkenberg    GER Force India-Mercedes    0 laps completed
Rtd Rio Haryanto    INA Manor-Mercedes    0 laps completed

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini