Share

Korban Tragedi Mina Dipulangkan ke Tanah Air

ant , Jurnalis · Senin 02 Mei 2016 00:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 02 337 1377675 korban-tragedi-mina-dipulangkan-ke-tanah-air-kK0oMOjC82.jpg (Foto: Antara)
A A A

JAKARTA - Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek beserta elemen Kementerian Agama menyambut kepulangan haji sakit yang merupakan korban tragedi Mina, Culan Kasim binti Kasim (58), yang dirawat di Arab Saudi selama tujuh bulan lalu.

"Tadi pas turun juga memakan waktu, karena harus tetap memasang alat pernapasan, lalu naik ambulans untuk dibawa ke RS Fatmawati. Nanti di Fatmawati masuk ICU. Jadi memang tanpa alat beliau tidak akan bisa napas," katanya sebagaimana dikutip laman kemenag.go.id di Jakarta, Minggu (1/5/2016).

Menurut Menkes, Culan mengalami "heat stroke" sehingga mengalami gangguan pada bagian kepala dan otot-otot motoriknya. Kondisi Culan saat ini stabil hanya masih bergantung dengan alat pernapasan.

"Kalau kita lepas tanpa alat, beliau tidak bisa bernapas, karena otot-otot pernapasannya juga akan berhenti, sehingga dipasang semua alat pernapasan," kata dia.

Proses penyambutan Culan berlangsung singkat, mengingat yang bersangkutan harus segera dibawa ke Rumah Sakit Fatmawati untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan di RS Fatmawati.

Soal biaya pemulangan Culan, Menkes mengatakan proses pemulangan dengan menggunakan ambulans udara (medical evacuation/medevac) yang berbiaya sangat tinggi, namun biaya pemulangan Culan ditanggung Arab Saudi.

"Biaya pemulangan dari mereka. Begitu sampai di Fatmawati, Kemenkes yang akan mengatur dan mengelolanya. Kita punya BPJS dan keluarganya juga mempunyai Kartu Indonesia Sehat. Beliau adalah guru sehingga ada Askes dan BPJS. Nanti kita lihat perawatannya di sini tapi sudah tercover dengan Askes atau KIS," kata dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini