Share

Diduga Memeras, Polisi Indonesia Ditangkap Keamanan Malaysia

Banda Haruddin Tanjung , Okezone · Senin 02 Mei 2016 04:13 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 02 340 1377765 diduga-memeras-polisi-indonesia-ditangkap-keamanan-malaysia-NYgIyt2MLG.jpg
A A A

PEKANBARU - Bripka RK ditangkap pihak Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM). Diduga oknum Polisi Air Polda Riau ini melakukan pemerasan terhadap nelayan negara tetangga.

Dugaan itu dikuatkan dengan ditemukannya uang senilai 10.000 ringgit dari tangan Bripka RK. Uang itu diduga dari nelayan Malaysia yang disebut-sebut melakukan illegal fishing di perbatasan Malaysia-Indonesia.

Kapolda Riau, Brigjen Supriyanto mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan kebenaran dugaan tersebut.  Pasalnya, Bripka RK masih ditangani oleh APMM atau lebih dikenal dengan pihak keamanan pantai Malaysia.

"Terkait dugaan pemerasan, kami belum bisa menyimpulkan hal itu karena yang melakukan pemeriksaan adalah APMM," ucap Kapolda,  Minggu (1/5/2016).

Pihaknya baru akan mengetahui secara keseluruhan peristiwa setelah anggota polisi tersebut diserahkan ke Polda Riau. "Kita belum bisa melakukan pemeriksaan terhadap anggota karena sedang ditangani APMM termasuk uang 10.000 ringgit tersebut," ucapnya.

(Baca juga: Polisi Indonesia Ditangkap Pihak Keamanan Malaysia)

Krologis penangkapan itu bermula saat sejumlah anggota Polisi Air melakukan patroli Selat Malaka yang lokasinya berbatasan dengan Malaysia. Kemudian Bripka RK berinisiatif ingin patroli dengan nelayan yang kebetulan ada di lokasi.

Bersama tiga nelayan, Bripka RK berpatroli untuk mengecek ada atau tidaknya aktivitas pencurian ikan dan penyelundupan di daerah perbatasan. Tak disangka, ternyata kapal mereka sudah melintasi wilayah Malaysia.

Hingga saat ini polisi masih melakukan penyelidikan mengapa Bripka RK bisa patroli sendiri dan membawa warga sipil. "Kasusnya masih kita selidiki dulu," ucap Kapolda Riau. (day)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini