Share

Ki Hadjar Dewantara, Orangnya Kecil Berjiwa Besar

Prabowo, Okezone · Senin 02 Mei 2016 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 02 65 1377890 ki-hadjar-dewantara-orangnya-kecil-berjiwa-besar-EpD3e1wmIa.jpg Patung wajah Ki Hadjar Dewantara di Museum Dewantara Kirti Griya, Yogyakarta. (Foto: Prabowo/Okezone)

YOGYAKARTA - Sejarah mencatat, Ki Hadjar Dewantara merupakan perintis dunia pendidikan di Indonesia. Pria bangsawan, cucu KGPAA Paku Alam III itu memiliki postur tubuh yang kecil dan ramping.

"Semasa hidup, beliau orangnya kecil, tapi memiliki jiwa yang besar," kata Ketua Museum Dewantara Kirti Griya Yogyakarta, Sri Muryani saat berbincang dengan Okezone.

Jiwa besar itu terlihat semasa hidup Ki Hadjar Dewantara di zaman penjajahan Belanda melalui pergerakan anti penjajahan. Bahkan, berbagai pengasingan karena aksinya tak membuat Ki Hadjar Dewantara tunduk pada pemerintahan kolonial Belanda.

Dari literatur yang dibaca dan cerita orang di sekitarnya, kata Sri, Ki Hadjar Dewantara merupakan sosok priyayi (bangsawan) yang tegas dan disiplin. Pemikirannya kritis pada kehidupan sosial, tak memandang keluarga bangsawan maupun rakyat jelata.

"Orangnya tegas, pemikirannya kritis, tapi lembut dalam menyampaikan ide dan gagasan kepada siapa saja. Dia tak memandang status bangsawan atau tidak, semua dianggap sama," katanya.

Permikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan dan pengajaran di era penjajahan begitu luar biasa. Dia memadukan konsep pembelajaran ala barat dan budaya timur hingga mendirikan National Onderwijs Institut Tamansiswa atau Pergoeroean Nasional Tamansiswa.

"Tamansiswa itu ada setelah beliau pulang dari tempat pengasingan di Belanda pada 1919. Beberapa tahun berjalan hingga menjadi besar, 22 Juli 1922 diresmikan sebagai lembaga pendidikan," katanya.

Sebelum meninggal pada 1958, Ki Hadjar Dewantara berpesan agar tempat tinggalnya di Tamansiswa dijadikan museum. Baru pada 2 Mei 1970, tempat tinggal di Tamansiswa diresmikan sebagai museum sesuai wasiatnya.

"Museum ini yang meresmikan Nyi Hadjar Dewantara. Peresmiannya dilakukan pada 2 Mei bertepatan dengan kelahiran Ki Hadjar Dewantara," katanya. (bersambung)

Ikuti try out online SBMPTN 2016 Okezone di laman: tryout.okezone.com pada 25 April-10 Mei. Ada hadiah menarik bagi peserta dengan nilai tertinggi, lho!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini