Share

Kemristekdikti dan LPDP Kelola Beasiswa Bersama

Afriani Susanti , Okezone · Senin 02 Mei 2016 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 02 65 1378220 kemristekdikti-dan-lpdp-kelola-beasiswa-bersama-saNHeqFia1.jpg Ilustrasi: Shutterstock

SERPONG - Salah satu program yang diluncurkan Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) yang bertepatan pada Hardiknas 2016, yaitu Beasiswa Dosen Untuk Indonesia (BUDI). Pada beasiswa tersebut, Kemristekdikti menggandeng Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP).

"Beasiswa Kemristekdikti ini pendanaannya dari LPDP. Jadi harus dimanfaatkan dengan baik," ujar Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir di Puspiptek, Senin (2/5/2016).

Nasir menuturkan, banyak mahasiswa di luar negeri yang terganggu masa belajarnya lantaran terlambat membayar uang kuliah dari program beasiswa. Melalui beasiswa kemitraan dengan LPDP tersebut, para mahasiswa di luar negeri tidak perlu pusing lagi mengenai masalah biaya.

"Pembiayaan dilimpahkan ke LPDP karena itu kan layanan umum, jadi bisa dikelola secara langsung," imbuh Nasir.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP), Eko Prasetyo menyatakan, kewenangan dan syarat ketentuan pelamar beasiswa ada di Kemristekdikti. LPDP hanya berfokus pada pendanaan beasiswa tersebut.

"Tentu dengan kolaborasi ini masalah keterlambatan tidak ada lagi khususnya bagi mahasiswa di luar negeri," tandas Eko.

Ikuti try out online SBMPTN 2016 Okezone di laman: tryout.okezone.com pada 25 April-10 Mei. Ada hadiah menarik bagi peserta dengan nilai tertinggi, lho!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini