Share

Peringati Hardiknas, Ribuan Mahasiswa UGM Demo Rektor

Markus Yuwono, Sindoradio · Senin 02 Mei 2016 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 02 65 1378412 peringati-hardiknas-ribuan-mahasiswa-ugm-demo-rektor-G5DhASxhVy.jpg Aksi demonstrasi ribuan mahasiswa UGM di Hardiknas 2016. (Foto: Markus Yuwono/Okezone)

YOGYAKARTA - Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei, ribuan mahasiswa dari berbagai Fakultas menggelar aksi demonstrasi bertajuk "Pesta Rakyat Gajah Mada". Salah satu tuntutannya menolak pernyataan Rektor UGM yang menyatakan jika demo tersebut merupakan simulasi.

Dalam kesempatan itu mereka mempertanyakan Rektor UGM Dwikortia Karnawati dalam sebuah radio yang menyatakan jika aksi tersebut hanya simulasi. Mereka menuntut agar rektor menolak UKT, mengembalikan kantin Bonbin dan pemenuhan Tunjangan Kinerja pegawai UGM.

"Rektor ngomong di radio kalau demo ini hanya simulasi. Ini tidak benar, ini adalah aspirasi kami," teriak salah seorang orator, Senin (2/5/2016).

Mereka sempat menurunkan bendera Merah Putih yang berkibar di depan Balairung UGM menjadi setengah tiang. Mereka ingin sang rektor menemui mahasiswa dan memberikan penjelasan terkait dengan tuntutan mereka.

"Kami hanya mau rektorat menandatangi kesepakatan yang menyatakan tuntutan mahasiswa terpenuhi. Ini aspirasi kami,"kata orator lainnya.

Setelah sempat bernegosiasi tetapi tidak ada titik temu. Rektor UGM Dwikorita tetap tidak mau menemui mahasiswa.

"Mereka tidak sadar kalau ini adalah simulasi. Saya mau menemui kalau jumlahnya 57 ribu karena jumlah mahasiswa UGM 57 ribu," kata Dwikorita.

Akhirnya, Dwikorita pun turun mendatangi ribuan mahasiswa UGM tersebut. Bahkan, Dwikorita menerobos kerumanan massa dan sempat menyalami beberapa mahasiswa.

"Ini bendera kita. Ayo nyanyi Indonesia Raya," kata Dwikorita pada mahasiswa yang berkerumun.

Tindakan tersebut mendapat sorakan para mahasiswa. Mereka menilai tindakan tersebut bukan yang mereka inginkan. Dwikorita tetap menaikan kembali bendera merah putih. Usai menaikan bendera, dia kemudian menemui mahasiswa.

Ikuti try out online SBMPTN 2016 Okezone di laman: tryout.okezone.com pada 25 April-10 Mei. Ada hadiah menarik bagi peserta dengan nilai tertinggi, lho!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini