Share

Penerbangan Qantas Delay Dua Jam Gara-Gara Nama WiFi

Wikanto Arungbudoyo , Okezone · Selasa 03 Mei 2016 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 03 18 1378775 penerbangan-qantas-delay-dua-jam-gara-gara-nama-wifi-P7GcB8naz6.jpg Pesawat maskapai Qantas delay dua jam gara-gara nama WiFi (Foto: Daniel Munoz/Reuters)
A A A

MELBOURNE – Penerbangan maskapai Australia, Qantas Airlines, sempat ditunda selama dua jam gara-gara nama WiFi. Seorang penumpang penerbangan QF481 menemukan WiFi bernama “Alat Pemicu Mobile” dan segera memberitahukan kru penerbangan. 

Kru penerbangan lantas meneruskan informasi itu kepada pilot. Tak butuh waktu lama, pilot langsung memberitahukan situasi tersebut kepada penumpang. Ia mengatakan pesawat tidak akan tinggal landas sampai alat pemancar sinyal itu ditemukan.

“Dia bilang ada sebuah alat di pesawat dengan nama yang berbau ancaman dan kita tidak akan terbang hingga alat itu ditemukan,” ujar seorang penumpang, John Vidler, seperti dimuat Mashable, Selasa (3/5/2016).

Penumpang lain mengatakan nama WiFi itu berasal dari sebuah pemancar jaringan internet nirkabel yang merupakan bagian dari hiburan selama perjalanan (in-flight entertainment).

“Pilot mengatakan seorang penumpang masuk ke jaringan hotspot yang menakutkan bagi Qantas dan penumpang. Setengah jam kemudian, diketahui jaringan tersebut berasal dari tempat yang cukup jauh sehingga muncul dugaan sinyal itu dipancarkan seseorang di terminal,” tuturnya.

Insiden terjadi ketika pesawat sudah siap lepas landas pada Senin 2 Mei 2016 pukul 18.50 waktu setempat. Pesawat sedianya terbang dari Melbourne menuju Perth. Pesawat akhirnya terbang pukul 21.55 waktu setempat dan tiba di Perth pukul 23.15.

Qantas mengonfirmasi kejadian tersebut. Mereka menyebut pesawat harus diamankan sebelum terbang. “Seorang penumpang merasa ada ancaman hingga kru dan tim keamanan kami turun tangan. Mereka tidak menemukan ancaman tersebut,” tutur juru bicara Qantas.

Namun, beberapa penumpang tidak merasa nyaman dengan pengumuman tersebut sehingga memutuskan turun dari penerbangan. Lamanya waktu delay disebabkan oleh lamanya penumpang keluar serta menurunkan barang bawaannya dari pesawat.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini