Share

Tempat Rahasia di Italia Akhirnya Dibuka untuk Umum

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 03 Mei 2016 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 03 406 1378891 tempat-rahasia-di-italia-akhirnya-dibuka-untuk-umum-ls4SA5ffpw.jpg Tempat rahasia di Italia akhirnya dibuka untuk umum (Foto: Dailymail)

ITALIA kini membuka tempat bersejarah yang sempat dirahasiakan. Tempat tersebut Katakombe Yahudi kuno di kota Roma.

Selama puluhan tahun, bangunan pemakaman bawah tanah ini dinyatakan terlarang untuk umum. Namun, kini katakombe sudah bisa dikunjungi wisatawan yang ingin melihat seperti apa isi dari bangunan yang ditemukan pada tahun 1918 ini.

Sebelumnya, pemakaman di bawah kebun anggur ini hanya bisa dikunjungi dengan menggunakan tur pribadi melalui terowongan.

Tetapi pada hari Minggu lalu, bangunan Yahudi di Roma ini mulai dibuka untuk umum. Sehingga para wisatawan bisa melihat terowongan bawah tanah kuno yang penuh akan karya seni.

Hal ini dilakukan dalam upaya untuk menyoroti keberagaman atraksi budaya di Italia. Namun, pemakaman ini hanya akan dibuka sampai 5 Juni mendatang.

“Kami telah mencoba untuk membuat jadwal yang cocok untuk membantu orang-orang memahami berapa banyak orang Yahudi yang telah menjadi bagian dari Roma,” ujar Dewan Budaya untuk Komunitas Yahudi Roma, Giorgia Calo dikutip Dailymail, Selasa (3/5/2016).

Sebelum Katakombe Yahudi dibuka, Italia memanfaatkan Katakombe Kristen di Roma sebagai salah satu atraksi wisata.

Pemakaman yang memiliki 40 nisan ini telah menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya. Sementara Katakombe Yahudi hanya dibuka untuk pihak swasta saja.

Katakombe Yahudi ini mampu membawa pengunjung seolah kembali ke abad kedua dan ketiga. Katakombe ini pernah digunakan sampai abad kelima. Lalu ditemukan pada tahun 1918 dan penggalian dilakukan selama 12 tahun.

Di dalam terowongan berbentuk labirin, travellers dapat melihat prasasti yang ditulis dalam bahasa Ibrani, Yunani dan Latin. Prasasti yang dituliskan ini menceritakan kisah-kisah dari keluarga yang dimakamkan di sana.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini