Share

Pertimbangkan Lima Hal Ini Sebelum Membeli Rumah Tua

Agregasi Selasa 03 Mei 2016 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 03 470 1378985 pertimbangkan-lima-hal-ini-sebelum-membeli-rumah-tua-35cy1yyXx7.jpg foto: ilustrasi
A A A

JAKARTA – Akibat dana yang tak juga terkumpul, akhirnya Anda terpaksa menepis keinginan mendirikan atau membeli rumah baru. Bujet pun hanya cukup untuk membeli rumah tua.

Bukan sekadar rumah bekas, melainkan rumah tua yang usianya sudah mencapai lebih dari puluhan tahun. Struktur bangunannya mungkin saja kokoh, namun sebelum memutuskan untuk menempatinya, simak dulu kiat-kiat ini, seperti dilansir dari Rumah.com.

Cek Kelengkapan Dokumen

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah memerhatikan nama yang tercantum dalam sertifikat rumah. Jika namanya bukan atas nama penjual, cari tahu hubungan pemilik tersebut bersama penjualnya. Periksalah IMB (izin mendirikan bangunan), hal ini untuk memastikan apakah luas bangunan sama dengan yang tercantum pada PBB dan IMB. Pastikan rumah tersebut tidak tersangkut dalam masalah sengketa.

Punya Waktu Luang

Ini penting, pasalnya rumah tua cenderung membutuhkan banyak perbaikan. Dan memperbaiki rumah membutuhkan kehadiran Anda sebagai pekerja (jika Anda sendiri yang ingin memperbaikinya) atau supervisi Anda (jika Anda meminta jasa teknisi atau tukang untuk memperbaiki rumah). Sehingga, akan lebih baik jika Anda memiliki waktu luang yang jelas.

Punya Dana Darurat

Dana darurat minimal ini besarnya enam kali pengeluaran bulanan Anda. Ingat, layaknya mobil tua, rumah tua memerlukan perawatan yang tidak murah, sehingga sebaiknya Anda sudah menyiapkan dana untuk kebutuhan perbaikan setiap saat.

Siap Berbenah

Rumah tua umumnya memiliki ruangan tersembunyi, misalnya gudang atau kamar tidur tambahan. Akan lebih baik jika Anda mengubah ruangan tersebut menjadi ruangan yang lebih berguna, misalnya sebagai ruang kerja.

Untuk mengubahnya tentu memerlukan biaya dan tenaga. Minimal, Anda harus membersihkan kamar, mengubah cat agar lebih terang dan modern, serta mendekorasinya senyaman mungkin.

Percantik Interior

Jika rumahnya masih kokoh sehingga tidak membutuhkan perombakan besar-besaran, pastikan Anda memang sangat menyukai bentuk rumah tersebut. Jika Anda ingin lebih modern, Anda bisa mengganti interiornya. Misalnya, jika rumah itu tadinya menggunakan lantai keramik bermotif klasik, gantilah keramik di beberapa ruangan agar lebih modern. Contoh, kamar tetap menggunakan keramik berwarna cerah agar terlihat terang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini