Share

Wow, Ternyata Ini Khasiat Makan Daun Mangga

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 03 Mei 2016 10:00 WIB
$detail['images_title']
Daun mangga berkhasiat mengontrol kadar gula darah (Foto: Thehealthsite)

SELAIN memiliki rasa yang enak, buah pasti memiliki banyak manfaat kesehatan. Tapi, sayangnya masih sedikit orang yang mengetahui bila daun dari buah juga memberikan khasiat bagi kesehatan.

Salah satunya adalah daun mangga yang bisa dibilang kalah populer dibanding buahnya sendiri. Namun, Anda akan terkejut jika khasiat daun mangga melebihi rasa manis buahnya. Berikut khasiat makan daun mangga yang dikutip dari Thehealthsite, Selasa (3/5/2016).

Mengontrol diabetes

Mengobati diabetes dengan daun lembut mangga merupakan obat rumahan yang efektif. Sifat anti-diabetes dari daun mangga membantu untuk mengontrol kadar gula darah.

Membantu mengobati asma

Daun mangga juga dipercaya dapat membantu mengobati asma dan penyakit pernapasan lain. Karena itu, daun mangga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk tujuan yang sama.

Mencegah infeksi

Daun mangga memiliki sifat anti-bakteri. Karena itu, mengonsumsi daun mangga dapat membantu memerangi gangguan pencernaan, dan bahkan tumor.

Mencegah infeksi virus

Ketika difermentasi, daun mangga menjadi kaya antioksidan yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Misalnya, daun mangga yang telah difermentasikan dapat mencegah infeksi virus herpes dan membantu penyembuhan lebih cepat.

Mengurangi infeksi tenggorokan dan cegukan

Cegukan tentu bisa menjadi kondisi yang sangat tidak nyaman. Anda bisa mengatasi cegukan dengan mengonsumsi daun mangga. Selain itu, daun mangga juga dapat meringankan infeksi tenggorokan.

Cara memanfaatkannya:

Pilih daun mangga lembut dan didihkan dalam panci air, saring dan minum ramuan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengeringkan daun mangga di bawah sinar matahari dari menggilingnya hingga menjadi bubuk. Tambahkan satu sendok bubuk daun mangga ke segelas air, aduk lalu minum. Bahkan, Anda bisa mengunyah mentah-mentah daun mangga, namun jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)