Share

Mencetak Jagoan Matematika dari Lereng Gunung Lawu

Bramantyo, Okezone · Selasa 03 Mei 2016 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 03 65 1379092 mencetak-jagoan-matematika-dari-lereng-gunung-lawu-bYz7ybOGvB.jpg Ilustrasi: Shutterstock

KARANGANYAR - Bagi kebanyakan anak sekolah, matematika dianggap sebagai mata pelajaran sulit karena memaksa kita berkutat dengan angka. Namun berbeda halnya dengan anak-anak di wilayah lereng Gunung Lawu, tepatnya di desa Bandar Dawung, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Rata-rata nilai matematika siswa di dua sekolah dasar di Desa Bandar Dawung adalah tujuh hingga 9,14. Bahkan, pada 2014, siswa SD 03 Bandar Dawung meraih nilai terbaik dalam ujian nasional bidang matematika dengan nilai rerata 9,3.

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo merasa kagum dengan pencapaian para siswa dalam bidang matematika. Tak heran jika Pemerintah Kabupaten Karanganyar menjadikan desa Bandar Dawung menjadi Kampung Matematika.

"Peluncuran kampung matematika sebagai bentuk dukungan Pemkab Karanganyar dalam mewujudkan Karanganyar menuju generasi maju dan cerdas," jelas Rohadi saat berbincang dengan Okezone, di Karanganyar, Jawa Tengah, baru-baru ini.

-

Saat ini ada 12 kelompok belajar di desa Bandar Dawung. Mereka diberdayakan oleh masyarakat dan relawan serta dibantu Pemerintah Kabupaten Karanganyar.

"Konsep kampung matematika yang diterapkan sangat unik. Pembelajaran matematika tidak dalam lingkungan sekolah, namun di luar dengan menerapkan metode bermain sambil belajar," lanjut Rohadi.

Dengan status sebagai Kampung Matematika, maka Bandar Dawung bisa menjadi rujukan bagi siswa dan guru untuk mendalami pelajaran matematikadengan metode yang tidak membosankan, apalagi menakutkan. Didukung lingkungan yang hijau dan segarnya udara pegunungan, maka Kampung Matematika bisa menjadi tujuan wisata pendidikan dan percontohan bagi daerah lain. Di saat yang sama, banyaknya pengunjung bisa meningkatkan sektor lainnya seperti penginapan dan juga lokasi makan.

"Ke depannya bukan hanya Bandar Dawung yang menjadi Kampung Matematika. Tidak menutup kemungkinan juga akan didirikan di wilayah lain di Karanganyar," jelas Rohadi.

Sementara itu Aziz Ferdiansyah (10) siswa kelas IV SD Bandar Dawung 01, mengaku sangat menyukai pelajaran matematika. Baginya angka matematika seperti mainannya sehari-hari.

"Senang di sini dijadikan Kampung Matematika. Kemarin saya mendapatkan nilai delapan," pungkas Azis.

Ikuti try out online SBMPTN 2016 Okezone di laman: tryout.okezone.com pada 25 April-10 Mei. Ada hadiah menarik bagi peserta dengan nilai tertinggi, lho!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini