Share

Lima Cara Menghindari Pengeluaran Tak Penting

Agregasi Rabu 04 Mei 2016 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 04 320 1379975 lima-cara-menghindari-pengeluaran-tak-penting-uuqaXVFzln.jpg foto: ilustrasi
A A A

JAKARTA - Setiap 6 bulan sekali (atau lebih), saya suka memikirkan cara menambah tabungan saya dengan instan. Mau itu tabungan untuk rumah, liburan, atau mungkin untuk pensiun  ada banyak hal yang tidak terpikiran yang sebenarnya bisa dikeluarkan dari budget-mu! Artikel Halomoney.co.id ini akan menjelaskan 5 hal tersebut:

Makanan

• Masak sendiri di rumah – Ini bisa jadi opsi yang sehat dan lebih murah daripada harus makan di luar. Bisa juga dijadikan bekal untuk makan di kantor.

• Beli dalam jumlah yang banyak – belilah makanan yang bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup panjang! Contoh: Daripada beli nasi 5 kg, lebih baik langsung beli 25 kg sebagai persediaan jangka panjang, dan juga dapat potongan harga 40%.

• Penjatahan – Dengan melakukan penjatahan, kamu secara tidak langsung memastikan kalau kamu akan menghabiskan makananmu. Itu artinya uang yang keluar semakin sedikit

Transportasi

• Gunakan transportasi umum – daripada naik mobil atau motor pribadi, coba gunakan transportasi umum dan pakailah kendaraan pribadimu hanya saat har-hari tertentu seperti weekend atau kalau mau nongkrong sama teman.

• Jual kendaraanmu – gunakan uang hasil penjualan tersebut untuk melunasi utang atau menambah tabunganmu.

Listrik

• Gunakan lampu CFL / LED – Apakah kamu tahu kalau lampu jenis ini 4 kali lebih hemat listrik daripada jenis lampu lain? Ini bisa menambah tabungan kamu dalam setahun dengan signifikan. Selain hemat, lampu ini juga lebih tahan lama!

• Cabut peralatan elektronik yang tidak dipakai – Apakah kamu tahu kalau ada biaya listrik yang terhitung walaupun peralatannya mati tapi masih tercolok? Saran saya: Cari sambungan kabel yang ada tombol on/off-nya. Setiap kamu mau tidur atau keluar jalan-jalan, kamu bisa mematikan tombol tesebut dan semua aliran listrik langsung terputus dengan sekali pencet!

Entertainment / Hiburan

• Keluar dari keanggotaan gym – Tanyakan pada dirimu – seberapa sering kamu ke gym dalam 3 bulan terakhir? Total pembayaran dalam 3 bulan tersebut dibagikan dengan jumlah kamu ke gym, pasti kamu kaget akan hasilnya. Alternatifnya adalah, coba cari tempat work-out yang lebih murah, contoh: waterpark (yang biaya per-visitnya pasti jauh lebih murah daripada biaya per-visit di tempat gym kamu)

• Kurangi tagihan TV kabel – kalau kamu berlangganan tv kabel dan sadar kalau kamu Cuma nonton TV kurang dari 10 jam per minggu, coba pikirkan kembali, apakah kamu harus melanjutkan atau tidak. Alternatifnya adalah coba berlangganan online TV seperti Netflix. Dengan biaya langganan sekitar Rp. 250,000, kamu bisa hemat Rp. 180,000 per bulan.

• Berhenti berlangganan majalah – Apakah kamu berlangganan majalah online atau offline? Coba pikir-pikir lagi, kalau majalahnya tidak dibaca dengan seksama, mending berhenti.

Lain-lain

• Biaya sewa kos/apartemen/rumah: Ini lebih mengarah ke keputusan masing-masing, tapi kamu bisa mengakalinya dengan pindah ke tempat lain yang lebih murah tapi kamu bisa hidup dengan lega.

• Kurangi frekuensi kamu ke salon. Coba gunting rambut setiap 2 bulan sekali

• Kurangi kebiasaan borosmu. Contoh: berhenti merokok! Kalau kamu merokok sebungkus dalam 3 hari dan harga 1 bungkus Rp. 18,000, kamu bisa hemat Rp. 180,000 per bulan, dan itu artinya hemat Rp. 2,160,000 dalam setahun!

Hal-hal di atas menunjukkan kalau ada banyak cara untuk berhemat dan menambah tabunganmu! Silahkan dicoba satu-satu tips-tips diatas. Yang paling penting adalah, kamu bisa menentukan kemana kamu mau menaruh budget-mu. Kalau memang kamu rajin dan konsisten work-out di gym, silahkan diteruskan!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini