Share

Pembangunan Jembatan Kapuas 3 Telan Rp7,3 Triliun

ant , Jurnalis · Rabu 04 Mei 2016 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 04 320 1380479 pembangunan-jembatan-kapuas-3-telan-rp7-3-triliun-rjJ3UTnO3A.jpg Ilustrasi : Okezone
A A A

SUNGAI RAYA - Rencana pembangunan Jembatan Kapuas 3 di Kalimantan Barat diperkirakan akan menelan anggaran sebesar Rp7,3 triliun.

"Dari hasil studi yang dilakukan pihak Kementerian PU, diperkirakan anggaran yang diperlukan untuk pembangunan Jembatan Kapuas 3 ini sebesar Rp1,3 triliun, sedangkan untuk pembebasan lahan dan pembangunan jalan menuju jembatan itu diperkirakan memerlukan anggaran Rp6 triliun," kata Wakil Ketua MPR Oesman Sapta di Pontianak, Rabu.

Dia akan mendorong rencana pembangunan Jembatan Kapuas 3 itu karena sifatnya memang mendesak.

"Hari ini kita telah melakukan peninjauan langsung ke lapangan dan hasilnya akan kita sampaikan kepada rekan-rekan di MPR dan akan kita dorong kepada Presiden agar ini bisa segera direalisasikan," kata Oesman Sapta saat melakukan kunjungan kerja di Kubu Raya dan Pontianak.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono sangat mendukung rencana pembangunan Jembatan Kapuas 3 tersebut.

Sebagai bentuk dukungan dari pemkot Pontianak, saat ini telah dilakukan pelebaran jalan di sepanjang jalan akses menuju lokasi jembatan itu.

"Dengan adanya pembangunan Jembatan Kapuas 3 ini, pastinya kemacetan bisa dikurangi dan kita sangat berharap ini bisa cepat direalisasikan," katanya.

 [Baca juga: Jokowi Siap Tentukan Nasib Hambalang dan Pelabuhan Patimban]

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengatakan sangat mengharapkan percepatan pembangunan jembatan tersebut karena diyakini bisa meningkatkan percepatan pembangunan dan ekonomi masyarakat Kubu Raya.

"Jembatan Kapuas 3 ini nantinya tidak hanya bermanfaat bagi Kubu Raya, tetapi juga untuk kabupaten dan kota lainnya yang ada di Kalbar. Nantinya kita akan membantu pembebasan lahan di mana dalam hal ini kita akan bekerja sama dengan Pemkot Pontianak dan Kabupaten Mempawah," kata Rusman Ali.

Rencananya, Jembatan Kapuas 3 itu akan dibangun di Muara Sungai Kapuas di kawasan Desa Sungai Rengas, Kecamatan Jungkat dan melewati Pulau Panjang kawasan Wajok Hilir, Kabupaten Mempawah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini