Share

Miliarder Nigeria Rugi Rp5,2 Triliun dalam 9 Minggu

Raisa Adila , Okezone · Sabtu 07 Mei 2016 05:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 04 320 1380719 miliarder-nigeria-rugi-rp5-2-triliun-dalam-9-minggu-PZhooCvi4Y.jpg Nigerian businessmen Aliko Dangote and Femi Otedola (Foto: Forbes)
A A A

JAKARTA - Miliarder Nigeria Femi Otedola telah kehilangan lebih dari USD400 juta atau setara dengan Rp5,2 triliun (Kurs Rp13.200 per USD) kekayaan pribadinya selama sembilan minggu terakhir karena harga saham dari Forte Oil, raksasa energi Nigeria anjlok 43,5 persen dalam jangka waktu tersebut.

Melansir Forbes, pada akhir Februari harga saham Forte Oil mencapai nilai tertinggi dari 342 nigeria naira per saham, setelah perusahaan merilis laporan keuangan yang luar biasa pada 2015 dan mengumumkan dividen yang menarik yaitu 3,45 nigeria naira per saham.

Namun, pada penutupan perdagangan hari ini (Selasa waktu setempat), harga sahamnya turun ke 193,46 setelah merekam kerugian harian yang konsisten selama beberapa minggu terakhir. Otedola, yang merupakan pemegang saham pengendali perusahaan, telah melihat penurunan senilai dari USD1,6 miliar ketika Forbes menerbitkan peringkat tahunan miliarder dunia pada Maret, menjadi USD1,2 miliar hari ini.

Sebuah sumber di Forte Oil mengatakan, penurunan harga saham perusahaan tidak berhubungan lantaran penjualan saham bonus dari beberapa investor ritel perusahaan. Tahun lalu, Forte Oil menawarkan bonus bagi investor dari 1 saham baru untuk setiap 5 saham biasa mereka.

Secara total, Forte Oil menyatakan ada sekira 216 juta saham bonus untuk tahun bisnis 2014. Saham bonus hanya diterbitkan untuk investor beberapa minggu yang lalu dan mereka telah mencari-cari untuk menjual saham bonus mereka di pasar. Aksi jual ini disinyalir telah mengakibatkan penurunan harga saham.

 [Baca juga: Berapa Jumlah Uang untuk Sandang Gelar Kaya Raya?]

"Ini hanya sementara. Seperti yang Anda lihat, meskipun investor menjual saham bonus mereka, ada investor institusi yang membeli semua saham yang ditawarkan sebagaimana dibuktikan oleh volume transaksi dalam beberapa hari terakhir. Ketika semua saham bonus yang akan dihapus oleh investor institusi, Anda akan melihat harga saham naik lagi, " kata sumber itu.

Dari 216 juta saham bonus yang telah diterbitkan, Femi Otedola menerima sekira 170 juta saham.

Sekadar informasi Forte Oil PLC bergerak di bidang distribusi produk minyak bumi seperti diesel, avtur dan Premium motor Roh (PMS). Perusahaan ini memiliki lebih dari 500 perusahaan dealer yang mengembangkan SPBU dan menyebar di seluruh negeri. Perusahaan juga memiliki depot penyimpanan minyak di Lagos. Forte Oil juga menjual sendiri berbagai pelumas mobil. Pada tahun 2014 perusahaan ini termasuk dalam Morgan Stanley Capital International Frontier Market 100 Index.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini