Share

3 Pantai Gosong Pasir Terindah di Indonesia

Fahmi Abidin Achmad, Jurnalis · Rabu 04 Mei 2016 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 04 406 1379977 3-pantai-gosong-pasir-terindah-di-indonesia-HESwCWqFdR.jpg Gili Kapal Adalah Destinasi Pasir Gosong Terindah di Lombok (foto: wisatadilombok.com)

Gosong pasir adalah daratan yang terkurung atau menjorok pada suatu perairan, biasanya terbentuk dari pasir dan atau kerikil. Berikut beberapa pantai indah di Indonesia yang memiliki fenomena gosong pasir tersebut. (Berbagai sumber)

1. Pantai Ngurtafur

Berada di Maluku Tenggara, Pantai Ngurtafur menawarkan keindahan salah satunya berkat gosong pasir yang memanjang hingga 2 kilometer ke tengah laut. Sejauh mata memandang, hanya ada pasir putih berpadu dengan biru jernihnya air laut yang akan menjadi pengalaman luar biasa. Dibutuhkan sedikit usaha untuk dapat mencapai lokasi karena Pantai Ngurtafur berada di Pulau Warbal yang masuk ke dalam Kepulauan Kei, Maluku Tenggara.

Anda harus terbang dulu ke Ambon, baru melanjutkan perjalanan ke Tual. Tak heran, pantai ini masih merupakan destinasi anti-mainstream sehingga tak banyak traveler yang bakal Anda jumpai di sana. Jika beruntung, Anda juga bisa menyaksikan burung pelikan melakukan migrasi. Seru sekali, kan?

2. Gosong Pantai Dodola

Letak pantai ini di Pulau Dodola, Kepulauan Morotai, Maluku Utara. Pulau Dodola bisa ditempuh sekitar 30 menit menggunakan speedboat dari Daruba, ibukota Kabupaten Morotai. Gosong pasir di pantai ini benar-benar menakjubkan karena sampai menghubungkan dua pulau, yaitu Pulau Dodola Kecil dan Dodola Besar, seolah-olah laut terbelah di tengahnya. Selain gosong pasir, air yang surut juga akan memperlihatkan karang-karang yang ditumbuhi rumput laut.

3. Gili Kapal

Dinamakan Gili Kapal karena konon banyak kapal yang sering menabrak pulau pasir ini. Hal ini dikarenakan ukurannya yang kecil dan sering timbul-tenggelam tergantung pasang-surut air laut. Untuk dapat mencapai Gili Kapal, Anda harus menyeberang dengan kapal dari Dermaga Taman Wisata Gili Lampu di Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur.

Untuk dapat mencapai Dermaga Taman Wisata Gili Lampu sendiri dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dengan mobil. Gili ini hanya terlihat saat air laut sedang surut, yaitu pada pagi dan sore hari. Namun disarankan untuk mengunjunginya pada pagi hari karena pantulan cahaya matahari akan menambah keindahan pemandangan sekitarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini